Yin Yang untuk Raih Hidup Seimbang dan Bahagia


Yin Yang adalah suatu filosofi yang berasal dari Tionghoa yang telah dipercaya semenjak dahulu kala. Yin dan Yang ditandai dengan perbedaan sisi yaitu sisi gelap (Yin) dan sisi terang (Yang). Yin-Yang merupakan symbol Tao yang dikenal sebagai symbol Tai-Chi.

Yin dan Yang memiliki dua makna yang berlawanan namun keduanya sama-sama memiliki pengaruh dalam kehidupan manusia. Yin memiliki karakteristik tekun, lemah, rileks, damai, bijaksana, teduh, pesimis, baper, pemalu, egois dan gelap. Sedangkan Yang memiliki karakteristik aktif, kuat, tulus, kritis, rendah hati, ambisius, ceria, berani, ekstrobert dan terang.

Sama seperti diri kita yang memiliki sisi gelap dan terang, baik maupun buruk, kelebihan maupun kekurangan yang memiliki porsinya masin-masing. Kedua sisi dalam diri tersebut haruslah seimbang, agar kita bisa menghadapi hidup dengan baik dan positif. Kita harus mengetahui diri kita secara dalam untuk menyeimbangkan diri, dan konsep Yin-Yang itu akan dapat Jika seseorang sudah mampu menerapkan filosofi Yin dan Yang dalam kehidupannya, maka hidupnya akan menjadi lebih teratur dan lebih produktif.

Yin Yang dalam hidup kita akan membuat kita:

Produktif

Produktif artinya seseorang dapat menghasilkan sesuatu yang bernilai bagi hidupnya. Dengan produktif, seseorang akan terhindar dari sifat pemalas. Pekerjaannya akan lebih bermanfaat dan mendatangkan kebaikan bagi banyak orang. Seseorang yang produktif juga otomatis akan lebih kreatif, memiliki pikiran kritis dalam menyelesaikan sesuatu dan memiliki keinginan untuk terus berkarya dimanapun dan apapun situasinya.

Menciptakan hidup yang teratur

Hidup yang teratur dapat dimulai dari menulis jadwal kegiatan apa saja yang dilakukan sepanjang hari. Dengan hidup teratur, seseorang akan lebih focus untuk mengerjakan apa yang seharusnya harus dkerjakan terlebih dahulu sehingga menghasilkan hasil yang terbaik dan maksimal. Selain itu, menfaat dari hidup teratur adalah mengurangi stress, pola makan menjadi lebih teratur, interaksi sosial lebih baik, tidur lebih nyenyak dan masih banyak lagi.

Mengerti Diri Sendiri

Mengerti diri sendiri akan membuat Anda lebih tahu kelebihan dan kekurangan Anda sebenarnya. Dengan itu Anda dapat mengerti mana yang harus diperbaiki dan mana yang harus ditingkatkan dari dalam diri Anda. Hal lain yang terjadi jika mengerti diri sendiri adalah mampu memahami orang lain dengan lebih baik, menentukan pilihan hidup, dan lebih ikhlas untuk menerima keadaan hidup Anda saat ini !

Beberapa cara tersebut dapat Anda terapkan dalam kehidupan Anda untuk merasakan manfaat Yin-Yang kehidupan, dimana hidup akan lebih seimbang. Konsep Yin dan Yang baik untuk diterapkan dalam hidup sehari-hari karena dapat membangun tubuh, jiwa dan raga, juga keharmonisan dalam keluarga.

Semoga Anda Sehat Selalu!

Baca Juga Cemas Akan Masa Depan? Inilah Solusinya!

Share on :