Workaholic Vs Go Extra Mile


Tidak bisa dipungkiri untuk bisa meraih kesuksesan kita perlu bekerja lebih keras. Tapi dalam bekerja keras tersebut kadang bisa mempunyai makna yang berbeda. Apakah pekerjaan itu termasuk bagian dari bagian Go Extra Mile ataukah bentuk dari Workaholic?

Definisi dari Go Extra Mile adalah bekerja melebihi dari apa yang sudah menjadi tujuan. Semisal saja seorang barista yang tugasnya menyiapkan berbagai jenis minuman kopi, dia tidak hanya bekerja sebagai seorang barista saja tapi bisa juga memberi saran kepada pelanggannya kopi mana yang cocok buat pelanggannya, bahkan mungkin memberi pengetahuan tentang kopi atau bahkan mengajak pelanggannya untuk ngobrol atau mungkin seorang karyawan kantoran yang walaupun dia sudah selesai dalam kerjaannya tetapi dia juga memberikan nilai yang lebih dari pekerjaanya sehingga karyawan lain dapat bisa mengakses dengan mudah terhadap hasil kerjaanya. Sehingga tidak akan mudah untuk berkata “aku kan sudah melakukan tugasku” jika masih ada yang complain atas hasil pekerjaanya.

Sedangkan workaholic bisa dikatakan hampir sama dengan go extra mile, Dilansir dari American Psychology Association, workaholism adalah kondisi di mana seseorang merasakan paksaan atau kebutuhan dari dalam diri untuk terus bekerja yang tak dapat dikendalikan. Seorang workaholic berarti ketika dia melakukan suatu yang lebih besar dari pekerjaan yang seharusnya ternyata berdasarka keterpaksaan ataupun juga bisa dikarenakan karena pelarian atas permasalahan hidup yang lain. Dengan kata lain, karena dia tidak dapat mengendalikan diri atas dorongan kebutuhan atau paksaan dari dalam diri maka bisa disebut sebagai kecanduan untuk terus bekerja yang diciptakan dari dalam siri sendiri, dan bukan karena factor lainnya. Workaholic adalah sebutan untuk orang yang memiliki workaholism atau kecanduan untuk terus bekerja. Workaholicmembuat sesorang menjadi sakit secara mental. Seorang yang workaholic bisa jadi sama produktifnya dengan seorang yang melakukan go extra mile. Tapi seorang yang workaholic akan sulit untuk menjadi kreatif.

Silahkan daftarkan diri Anda untuk mengikuti kelas Regular Ananda Neoself Empowerent untuk memanage Stress Anda sehingga Dengan melakukan meditasi kita akan bisa melakukan pekerjaan bukan karena keterpaksaan namun dengan rasa syukur dan bahagia, sehingga pekerjaan kita akan lebih berorientasi kepada go extra mile dibanding menjadi seorang yang workaholic.

Share on :