Triphala adalah Herbal Sejuta Manfaat


Masa pandemi banyak mengubah perilaku masyarakat termasuk masyarakat Indonesia. Saat ini masyarakat Indonesua kembali mendekatkan diri dengan kekayaan rempah dan herbal warisan Peradaban Sunda Sindhu Sawaswati. Kesadaran untuk mengkonsumsi rempah dan herbal semakin meningkat dengan sebuah persepsi yang baik bahwa “Kesehatan bermula dari diri sendiri”.

Salah satu racikan herbal warisan Peradaban Sunda Sindhu Saraswati yang telah dikenal sejak ribuan tahun lampau dan telah teruji secara ilmiah adalah Triphala.

Apakah sebelumnya Anda pernah mendengar Triphala? Lalu, apa itu Triphala dan apa saja manfaatnya untuk kita? Mari simak penjelasan pada artikel berikut ini.

Apa itu Triphala?

Triphala merupakan formula poliherbal popular dalam praktik pengobatan Ayurveda dari India. Triphala merupakan salah satu sistem pengobatan tertua di dunia warisan dari Peradaban Sunda Sindhu Saraswati yang membentang dari Afganistan hingga Australia dimana Nusantara adalah bagian di dalamnya.

Triphala berasal dari dua kata Sansekerta yaitu “Tri” yang artinya tiga dan “Phala” yang artinya buah. Triphala ini mengandung camputan dari tiga buah kering, yaitu:

Emblica Officinalis (Amalaki)

Buah Amalaki alias buah Malaka atau Kemloko atau lebih dikenal sebagai Gooseberry India. Buah ini sangat bergizi tinggi kaya akan vitamin C, asam amino dan mineral. Selain itu Amalaki mengandung senyawa tanaman yang kuat yaitu fenol, tannin, phyllembelic acid, rutin, curcuminoids dan embicol. Amalaki menjadi salah satu buah tertua yang dikenal di India dengan rasa asam, tajam namun bertekstur serat.

Buah ini memiliki sifat anti oksidan dan anti penuaan. Gooseberry India dan ekstraknya digunakan dalam pengobatan Ayurveda untuk mengobati diabetes, hati, masalah jantung, maag, anemia, pencegahan kanker dan penyakit lainnya. Herbal ini tidak dilaporkan memiliki efek samping bahkan setelah penggunaan jangka panjang.

Terminalia chebula (Haritaki)

Buah Haritaki alias buah Maja Keling. Haritaki dilaporkan mengandung terpene, polifenol, antosianin dan flavonoid yang memiliki manfaat untuk tubuh sehat. Selain itu Haritaki memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan yang kuat, anti-bakteri, anti-jamur dan anti-virus.

Buah Haritaki ini dimanfaatkan dalam Ayurveda untuk mengatasi masalah pencernaan semperti sembelit. Selain itu buah ini bagus untuk mata karena dapat membantu mencegah penyakit seperti katarak atau glaukoma.

Terminalia bellerica (Bibhitaki)

Buah Bibhitaki alias buah Maja putih atau Joho atau dikenal sebagai Belleric Myrobalan. Buah Bibhitaki ini mengandung senyawa seperti tannin, asam elagat, asam galat, lignin, flavone serta senyawa lainnya yang berkontribusi terhadap khasiat kesehatan.

Buah ini dimanfaatkan dalam pengobatan asma, kanker, diare, sakit kepala, hipertensi, nyeri dan termasuk mengatasi infeksi bakteri dan virus serta dipercaya memiliki sifat anti-peradangan. Kandungan asam galat dan asam elagat dalam buah Bibhitaki dipercaya dapat mengatasi diabetes dan mengendalikan kadar gula darah.

Manfaat Triphala untuk Kesehatan

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa Triphala memiliki manfaat untuk kesehatan antara lain sebagai berikut:

Mengatasi Plak Pergigian dan Gingivitis

Dalam suatu penelitian diterbitkan dalam Journal of Periodontology pada tahun 2016, seseorang dengan gingivitis kronik diminta membilas dengan cuci mulut triphala, cawan mulut standard (mengandung chlorhexidine) atau cuci mulut plasebo dua kali setiap hari selama 60 hari. Hasilnya mereka yang menggunakan triphala atau obat kumur yang standard mempunyai pengurangan yang lebih besar dari pada yang mereka yang menggunakan obat kumu di plasebo.

Melawan aktivitas radikal bebas

Formula Triphala mengandung beragam antioksidan yang baik untuk tubuh termasuk vitamin C, flavonoid, polifenol, tannin dan sapoin. Zat-zat antioksidan dapat membantu melawan stress oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas, molekul yang dapat merusak sel dan berkontribusi pada penyakit kronis.

Menurunkan Kolestrol Tinggi

Dalam penelitian awal yang diterbitkan dalam Alternatif Terapi dalam Kesihatan dan Perubatan pada tahun 2012, para penyelidik mendapati bahwa haiwan yang diberi makan makanan tinggi lemak ditambah dengan triphala mempunyai pengurangan berat badan, lemak badan, jumlah kolesterol, trigliserida dan kolesterol LDL dibanding dengan mereka yang tidak diberikan triphala.

Membantu menurunkan Berat Badan

Sebuah studi terhadap 62 orang dewasa dengan obesitas melaporkan bahwa kelompok yang diberi suplemen bubuk triphala 10 gram setiap hari mengalami penurunan berat badan yang lebih besar dibandingkan kelompok plasebo. Lingkar pinggang dan lingkar pinggul kelompok peneria triphala juga berhasil diturunkan.

Mencegah Masalah pada Gigi

Sebuah riset yang dimuat dalam International Journal of Ayurveda Research melaporkan bahwa berkumur dengan obat kumur yang mengandung triphala dapat mengurangi penumpukan plak dan bakteri di mulut. Berumur dengan cairan yang mengandung ekstrak poliherbal ini juga dapat membantu mengurangi radang gusi.

Manfaat Lain Triphala menurut Riset Modern yaitu:

  • Mengatasi masalah pencernaan
  • Mengurangi stress
  • Menurunkan lemak berlebih
  •  Sebagai anti-diabetes
  • Mengatasi permasalahan jantung
  • Mencegah infeksi dari bakteri dan jamur
  • Mengatasi kerusakan sel akibat zat kimia dan radiasi
  • Membantu penanganan kanker

dan masih banyak manfaat lainnya.

Sumber: https://amayi.id/index.php/2021/01/24/triphala-herbal-sejuta-manfaat/, https://www.sehatq.com/artikel/triphala-dalam-ayurveda-poliherbal-yang-tawarkan-banyak-manfaat dan https://ms.approby.com/apa-yang-anda-perlu-tahu-mengenai-triphala/.

Share on :