Tanda Stres yang sering Tidak Disadari


Aktivitas padat membuat seseorang tidak memperhatikan kondisi kesehatan mental mereka, apakah sedang dalam kondisi baik atau buruk. Sebagian orang tidak menyadari bahwa ia sedang mengalami kondisi yang tergolong sebagai tanda stres. Jika seseorang tidak menyadari dan terus mengabaikan kondisi tersebut akan berdampak pada Kesehatan Mental, bahkan menjadi Depresi. Oleh karena itu kita perlu mengenali tanda-tanda Stres, agar bisa tertangani lebih awal.

Berikut beberapa kondisi yang sering tidak disadari:

1. Terlalu Emosional

Anda mungkin sering memikul banyak beban pikiran dan masalah yang mungkin tidak bisa Anda ceritakan dengan orang lain. Lama-kelamaan, beban pikiran tersebut turun ke perasaan dan membuat Anda menjadi emosional.

Namun, hal tersebut sering Anda anggap sebagai suatu hal yang normal terjadi. Padahal, hal ini bisa jadi salah satu tanda stres yang tak Anda sadari. Jika Anda membiarkannya berlarut-larut, hal tersebut bisa menjadi cikal bakal gangguan mental dan emosional yang berkepanjangan.

2. Lebih sibuk dari biasanya

Biasanya, menjadi lebih sibuk tak melulu karena memang ada kesibukan tetapi karena sedang ingin mengalihkan pikiran dari masalah yang sedang melanda, padahal tak ada hal penting yang harus dikerjakan, Itu adalah salah satu tanda stres dan kesibukan itu adalah upaya Anda untuk menghindarinya.

Hal tersebut mungkin bisa menjadi jalan pintas sesaat untuk mencegah stres Anda alami. Namun, terlalu sibuk justru bisa mendatangkan stres dan gangguan emosional.

3. Sensitif atau lebih mudah marah

Anda mungkin tak menyadari, tetapi hal-hal kecil yang mengganggu tetapi biasanya bisa Anda maklumi, kini dapat menyulut amarah dengan begitu mudahnya.

Bahkan, Anda juga lebih sering melampiaskan amarah kepada orang-orang terdekat. Hal ini jelas menggambarkan bahwa Anda sedang stres dan terganggu stabilitas emosinya.

4. Mood swing

Mood swing adalah kondisi saat kebahagiaan, kesedihan, dan kemarahan terasa begitu dekat. Ketiga hal tersebut terjadi secara bergantian dan tiba-tiba tanpa sebab yang jelas.

Jika hal ini terjadi, mungkin ada yang salah dengan kondisi kesehatan mental Anda. Artinya, mood swing bisa menjadi salah satu tanda stres yang tak Anda sadari.

5. Hilang arah dan tujuan hidup

Stres terkadang membuat Anda merasa hilang arah dan tujuan. Saat Anda merasa arah dan tujuan hidup hilang, sirna pula kebahagiaan menjalani hidup. Contohnya, saat Anda gagal meraih suatu hal yang selama ini memicu semangat menjalani hari, bisa jadi semangat tersebut ikut lenyap seiring dengan kegagalan tersebut.

6. Selalu ingin memegang kendali

Tanda atau gejala stres lain yang juga kerap terjadi adalah terobsesi untuk mengendalikan segala sesuatu, termasuk hal-hal yang sebenarnya bukan ada pada kendali Anda. Intinya, Anda berusaha sebagaimana mungkin untuk mengubah semua hal menjadi seperti apa yang Anda inginkan.

7. Isolasi diri

Tanda stres lain yang juga perlu Anda waspadai adalah menghindari orang lain, bahkan orang terdekat, dan memilih untuk mengisolasi diri. Ini artinya, Anda memilih untuk mengurung diri dan tidak mau bertemu dengan orang lain.

Atasi dengan Meditasi

Saat stress tubuh merespons dengan melepaskan hormon epinefrin (adrenalin) dan norepinefrin yang menyebabkan detak jantung, aliran darah, dan tekanan darah meningkat.

Dengan melakukan Meditasi di Anand Ashram bersama AKC Joglosemar dapat menurunkan detak jantung kembali, mengatur aliran dan tekanan darah menjadi normal. Saat bermeditasi, Anda turut berlatih mengontrol pikiran, yang bisa menyebabkan datangnya stres. Hal ini membuat pikiran menjadi lebih tenang dari sebelumnya.

Di samping itu, Meditasi juga diduga efektif dalam mengaktifkan gelombang gamma di otak yang berperan dalam proses belajar, konsentrasi, ingatan, dan kesadaran. Oleh sebab itu, Meditasi mampu menghasilkan kebahagiaan.

Share on :