Solusi untuk Mengurangi Amarah dan Kesal


Amarah sejatinya adalah akibat dari rasa kecewa. Rasa kecewa adalah akibat dari keinginan kita yang tidak dapat tercapai atau terpenuhi. Jadi, amarah sebenarnya didasari oleh keinginan manusia sendiri.

Lalu bagaimana cara mengatasi amarah tersebut? Caranya adalah dengan memenuhi keinginan kita atau tidak berkeinginan sama sekali. Namun, apakah mungkin manusia dapat memenuhi setiap keinginannya? Jawabannya adalah tidak. Contoh konkritnya adalah, banyak orang yang ingin menempati kursi presiden, namun pada nyatanya kursi presiden hanya satu. Tentu banyak orang yang akan kecewa akan hal itu. Sama halnya dengan tidak berkeinginan sama sekali, bukan mustahil namun akan sulit sekali dilakukan oleh manusia. Artinya kita harus mulai belajar “ikhlas”, menerima semua yang ada dalam hidup kita “apa adanya” dan berserah diri sepenuhnya kepada kehendak ilahi.

Amarah manusia dan amarah para avatar, nabi, mesias, master, dan buddha adalah amarah yang berbeda. Amarah mereka adalah amarah yang didasari oleh kasih, sehingga tidak akan menimbulkan rasa kecewa. Sedangkan amarah manusia, adalah amarah yang memendam banyak keinginan, sehingga akan menimbulkan rasa kecewa dan kesal. Maka dari itu, perlu adanya Latihan-latihan khusus dan solusi yang tepat untuk mengatasi amarah manusia itu sendiri.

Amarah berlebih tidak baik untuk kesehatan

Terdapat beberapa solusi yang dapat mengatasi dan meredam amarah maupun kesal manusia. Baik itu solusi instan maupun solusi jangka panjang. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat anda gunakan untuk meredam amarah adalah sebagai berikut:

Solusi Instan

  1. Minum minimal 2-3 gelas air putih tiap hari
  2. Mengepal kedua telapak tangan dengan erat kemudian dilepas kembali
  3. Tutup lubang hidung kanan, dan bernafas dengan lubang hidung kiri selama 5-10 menit

Solusi Jangka Panjang

Lubang hidung memiliki arti. Sebelah kanan mewakili matahari atau elemen api yang berarti menghasilkan energi maskulin atau Yang. Sedangkan lubang hidung sebelah kiri mewakili bulan atau elemen air yang berarti menghasilkan energi feminim atau Yin. Sehingga jika Anda merasa mudah marah atau kesal, itu berarti bahwa Anda lebih sering menghasilkan energi maskulin atau Yang. Oleh sebab itu Anda perlu pelembutan diri. Pelembutan diri dapat dilakukan dengan beberapa cara dibawah ini:

  1. Melakukan pernapasan melalui lubang hidung kiri saja selama 15-20 menit, setiap pagi dan sore hari.
  2. Baca buku “Menggapai Hidup Damai dan Ceria”. Dalam buku ini, amarah dibahas secara panjang lebar disertai dengan beberapa yang dapat anda lakukan secara rutin.
  3. Mengurangi atau menghindari Latihan-latihan yang berhubungan dengan tenaga dalam seperti “pembangkitan” kundalini atau “pembukaan” chakra karena Latihan ini cenderung menghasilkan banyak energi maskulin atau elemen api Yang.
  4. Mulai mengubah pola makan, dari makan banyak sekaligus menjadi makan sedikit-sedikit beberapa kali sehari.
  5. Hindari minuman beralkohol.

Baca Juga GELISAH DAN CEMAS BERLEBIH? JANGAN TUNDA ISTIRAHAT!

Sumber: (Krishna, Anand. (2008). Sehat Dalam Sekejap Dengan Meditasi Dinamis Ananda (MeDinA), Jakarta: Gramedia Pustaka Utama)

Share on :