Self Care untuk Mencapai Kebahagiaan


Pandemi covid-19 membuat kehidupan sebagian orang berubah secara drastis. Kini kita lebih banyak menghabiskan waktu dirumah. Hal ini menjadi sangat berbeda dengan sebelum adanya pandemi. Keterbatasan sosial membuat sebagian orang semakin sulit untuk merasa bahagia.

Kamu ingin bahagia atau sedang mencari kebahagiaan?

Kebahagiaan semakin dicari, semakin sulit kamu temukan. Sebaiknya fokuskan diri untuk membuat orang lain bahagia lewat pelayananmu. Otomatis kita akan ikut bahagia. Kebahagiaan sebetulnya tidak jauh. Yang jelas, kebahagiaan tidak ada di luar, namun adanya di dalam diri kamu sendiri. Hal yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan self-care. Dengan self-care selain membuat kita bahagia juga dapat membantu kita untuk sehat baik secara fisik maupun mental.

Cara melakukan Self-Care Saat #DirumahSaja

1. Membuat rutinitas pagi

Hal yang dapat kamu lakukan pertama kali yaitu membuat rutinitas pagi hari. Apa yang kamu lakukan setelah bangun tidur? Mengecek notifikasi dari handphone kah? Mulailah mengganti itu dengan menentukan rutinitas pagi. Streching ringan di kamar, berjalan selama 30 menit, mendengarkan musik, meneguk secangkir kopi atau minum segelas air putih juga dapat kamu jadikan rutinitas pagi. Dengan membuat rutinitas di pagi hari dapat membantu jiwa dan pikiran kita menjadi lebih siap untuk beraktivitas selanjutnya.

2. Tea Time

Secangkir teh di pagi hari atau di akhir hari setelah seharian beraktivitas dapat membantu kita untuk healing. Teh diketahui dapat meningkatkan imunitas tubuh dan meredakan stres. Jadi, begitu teh dibuat, temukan tempat yang tenang bagimu untuk duduk dan meminumnya. Perhatikan aroma tehnya, kagumi tampilan dan warna tehnya, serta rasakan tehnya seakan pucuk-pucuk daunnya baru dipetik dan disajikan ke dalam cangkirmu.

3. Olahraga

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Olahraga sudah terbukti berpengaruh pada tubuh dan pikiran kita. Beberapa olahraga seperti yoga, jogging, renang terbukti bisa mengurangi kecemasan, depresi dan mood. Olahraga juga terbukti mampu mengatasi kepercayaan diri yang rendah serta penarikan diri terhadap lingkungan sosial.

4. Konsumsi makanan sehat

Memerhatikan asupan makanan bergizi dan bernutrisi juga menjadi cara yang penting dilakukan untuk hidup bahagia. Beberapa zat gizi tertentu bahkan dikaitkan dengan kondisi psikologis yang baik, seperti:

  • Karbohidrat yang melepaskan serotonin, si hormon kebahagiaan
  • Makanan tinggi protein yang melepaskan dopamin dan norepinefrin, senyawa yang berefek baik untuk meningkatkan konsentrasi

5. Membantu

Studi telah menunjukkan bahwa berbuat kebaikan juga memengaruhi kebahagiaan diri. Luangkan waktu untuk membantu orang bagi yang membutuhkan. Anda bisa menyumbangkan donasi ke lembaga terpercaya, memberi makan hewan di jalanan, atau menjadi sukarelawan di yayasan yang diminati.

6. Body Care

Spa, massage, atau sekadar mengaplikasikan aromaterapi dapat membuat badan lebih rileks dan pikiran menjadi lebih fresh. Pengaruh ini muncul karena ketegangan dan stres yang sedang dialami berkurang, bahkan aromaterapi terbukti dapat memmengaruhi gejala nyeri, kecemasan, dan depresi sehingga Anda dapat bahagia kembali.

7. Meditasi

Meditasi membantumu mengenali emosi-emosi yang kamu alami. Meluangkan waktu setidaknya 5-10 menit dalam sehari untuk bermeditasi cukup membuat kita belajar menyadari, menikmati dan mengapresiasi diri kita seutuhnya. Meditasi memengaruhi fungsi otak dan kekebalan tubuh kita. Selain itu juga membantu kita menjadi lebih sadar diri, membuka jendela hati, meningkatkan ingatan, menjaga keseimbangan hidup, memberi respon yang proporsional terhadap setiap masalah, dan menjadi pribadi yang memberi perhatian penuh. Kamu juga dapat bermeditasi dengan arahan intruksi cukup dengan dirumah saja bersama AKC Joglo Semar.

Self-care pada dasarnya adalah menempatkan diri kita sedekat mungkin dengan keseimbangan baik secara fisik maupun mental. Merawat diri sendiri sangatlah penting karena hal itu merupakan bentuk mencintai diri sendiri. Mencintai diri sendiri berimplikasi pada perilaku kita mencintai orang lain.

SEGERA IKUTI!

Kelas Meditasi dan Yoga bersama AKC Joglo Semar Via ZOOM Online Selama Pandemi

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Kamis Pukul 19.00
  • Ananda’s Neo Kundalini Yoga : Setiap Rabu Pukul 19.00

Informasi dan Pendaftaran: 087888858858 / 0816677225 / 082227774618

Sumber : https://pijarpsikologi.org/14-metode-self-care-untuk-kesehatan-fisik-dan-mental/

Share on :