Segar Bugar dengan Memperbaiki Pola Napas


Napas merupakan salah satu sumber energi yang besar dalam tubuh kita. Dengan bernapas secara benar, kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit, dan memperkuat daya tahan tubuh. Namun terkadang banyak orang yang mengalami masalah pada tubuhnya karena pola pernapasannya yang kurang baik sehingga berdampak buruk pada segala sisi tubuhnya.

Melatih pola napas penting untuk dilakukan karena dapat mengolah dua lapisan awal kesadaran kita yaitu Lapisan Annamaya Kosha atau Kesadaran Jasmani dan Lapisan Pranamaya Kosha atau Kesadaran Psikis/Energi.

Cara bernapas yang salah dapat mempercepat proses penuaan terutama pada wanita. Selain itu juga dapat menimbulkan gangguan Kesehatan lain seperti haid yang tak teratur, sembelit, pengapuran dan lain-lain.

Manfaat memiliki pola pernapasan yang baik

  1. Meningkatkan kinerja denyut jantung
  2. Merangsang pertumbuhan otak
  3. Meringankan stress
  4. Mengatasi cemas
  5. Mengurangi emosi negative
  6. Menurunkan tekanan darah
  7. Dan lain sebagainya.

Jika Anda adalah seseorang yang memiliki pola pernapasan salah, Anda dapat mengikuti cara ini:

Cara memperbaiki pola napas

Duduk santai, lesehan, bersila di atas lantai beralas bisa berupa handuk yang dilipat, karpet atau matras. Pejamkan mata sehingga seluruh kesadaran Anda berfokus pada Latihan, pada diri sendiri, tidak pada hal-hal diluar.

  1. Pernapasa Perut: seperti bayi. Tarik napas, kembungkan perut keluar. Kemudian buang napas, kempiskan perut ke dalam. Lakukan 9 kali atau 9 putaran. Sekali putaran berarti sekali menarik dan sekali membuang napas.
  2. Pernapasan dada: saat menarik napas, dada melebar dan sewaktu membuang napas, dada ciut kembali. Lakukan 9 kali putaran.
  3. Pernapasan Pundak: sewaktu menarik napas, Pundak naik ke atas, dan sewaktu membuang napas, Pundak turun kembali sebanyak 9 putaran.
  4. Pernapasan sempurna: atau kombinasi dari ketiga cara sebelumnya. Tarik napas, sambal mengembungkan perut, melebarkan dada, dan menaikkan Pundak ke atas. Buang napas, perut mengempis kembali, dada ciut, dan oundak turun. Ini pun 9 kali.

Itulah cara tepat dari Anand Krishna untuk memiliki pola napas yang baik demi Kesehatan fisik dan mental Anda.

A ZOOM FESTIVAL FOR ALL!!!
13th International Bali Meditators’ Festival!
“May All Beings be Happy & Free of Illness”

Curtain Raiser: Workshop “Yoga Sutra & Kaitannya dengan Perjalanan Jivatma” (bahasa)
Minggu, 25 April 2021 at 08.30 – 11.00 WIB
Only IDR 180K (incl. book)

Klik Disini untuk Registrasi atau Klik pada Gambar

Share on :