Sakit Perut Berkepanjangan? Mungkin Anda Stress!


Seseorang pasti pernah mengalami stress, gugup, cemas maupun khawatir. Baik itu karena pekerjaan, sekolah, dan lain sebagainya. Perasaan yang ditimbulkan bisa sangat mengganggu aktivitas kita. Mulai dari performa kerja, penampilan, hingga kesehatan kita. Banyak orang mengaku terganggu kesehatannya saat mereka merasa stress, gugup, atau khawatir. Dan salah satu contohnya adalah sakit perut.

Pernahkah Anda merasa gugup di depan keramaian kemudian merasa mulas di bagian perut? Hal ini mungkin akibat dari stress. Gejala yang ditimbulkan berupa sakit perut ini disebut juga nervous stomach atau perut gugup. Apakah yang menyebabkan sakit perut ini terjadi?

Otak memproduksi zat asam berlebih saat kita gugup

Otak adalah organ tubuh paling penting dalam tubuh kita. Fungsi utamanya adalah mengendalikan segala yang terjadi dalam tubuh mulai dari sistem pencernaan hingga sirkulasi darah. Saat kita merasa gugup atau stress, otak akan mendeteksi rasa itu sebagai kepanikan yang memengaruhi saraf enteric dan meneruskan sinyal tersebut ke sistem pencernaan. Sinyal yang diberikan oleh otak dapat menghentikan atau memperlambat system pencernaan. Hal ini mengakibatkan seseorang yang mengalami stress atau gugup akan merasakan sakit pada perutnya atau mengalami nervous stomach. Nervous Stomach biasa terjadi saat seseorang sedang atau akan melakukan hal-hal seperti ujian, wawancara, hingga mengambil keputusan lainnya.

Gejala-gejala yang disebabkan oleh Nervous Stomach

Berikut ini beberapa gejala yang disebabkan oleh seseorang yang sedang mengalami nervous stomach:

  1. Sakit perut, kembung, hingga kram
  2. Sesak napas
  3. Perut terasa panas dan mual
  4. Cepat kenyang
  5. Sering buang air

Cara mengatasi Nervous Stomach

Nervous stomach bukanlah suatu penyakit sehingga tidak dapat diatasi dengan obat-obatan. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi perut gugup atau sakit perut yang disebabkan oleh stress:

  1. Gunakan obat gosok atau minyak angin pada perut yang sakit. Dengan hal ini otot-otot perut yang menegang bisa sedikit rileks dan meredakan perut yang sakit.
  2. Konsumsi makanan atau minuman yang hangat
  3. Kurangi konsumsi kafein karena kafein memberikan efek lebih tegang kepada otot-otot perut
  4. Melakukan Teknik pernapasan seperti meditasi atau yoga. Latihan-latihan yang dilakukan saat meditasi atau yoga dapat melatih seseorang untuk merasakan pernapasannya dan memberikan efek lebih tenang.

Itulah beberapa penjelasan tentang Nervous Stomach atau perut gugup yang ternyata adalah bagian dari gejala yang disebabkan oleh stress. Hal ini merupakan salah satu konsep lapisan kesadaran fisik yang perlu diperhatikan untuk melancarkan aktivitas kita sehari-hari.

Semoga sehat selalu!

Baca Juga Optimis vs Pesimis

Share on :