Saat Anda Benci Diri Sendiri (Self Loating)


Pernahkah Anda membenci diri sendiri? Tidak sedikit orang pernah mengalaminya. Jika Anda termasuk pernah mengalaminya, jangan-jangan Anda terkena Self Loating! Apa itu Self Loating? Kenali tanda-tanda Self Loating sebelum terlambat, karena kebencian pada diri Anda sendiri bisa berakibat pada gangguan kesehatan mental Anda lho! Yuk simak penjelasannya pada artikel kali ini.

Apa itu Self Loating?

Self Loating atau sering disebut self hatred adalah keadaan saat seseorang terlalu membenci dirinya sendiri. Sering mengritik dirinya sendiri untuk beberapa kesalahan yang telah dilakukannya memanglah hal yang wajar. Tidak ada salahnya jika mengkritik dirinya sendiri sebagai tempat untuk memperbaiki kesalahan di kemudian hari. Namun jika Anda terus menerus menyalahkan diri Anda sendiri hingga cenderung merasa dirinya tidak berharga, maka Anda sedang mengalami Self Loating.

Dikutip dari Psychalive.org, penderita Self Loating akan merasa dirinya tidak cukup baik, cakap dan pantas melakukan atau mengurus apa pun. Mereka cenderung merendahkaan dirinya sendiri, tanpa disadari bahwa ada sesuatu yang salah dalam perilakunya tersebut. Self Loating juga sering membandingkan dirinya dengan orang lain yang dianggap lebih “mumpuni” dan sambil terus-menerus mencari kesalahan dirinya sendiri.

Self loating tersebut atau keadaan terlalu membenci diri sendiri dapat mengganggu kesehatan mental Anda, bahkan dapat menyebabkan gangguan mental seperti kecemasan hingga depresi. Lalu, pernahkah Anda mengalami atau merasa terjebak dalam perasaan membenci diri sendiri? Dan Anda tidak bisa mengatasinya? simak artikel berikut ini untuk mengetahui cara mengatasi Self Loating. Sebelumnya, kita bahas apa saja  yang menyebabkan terjadinya Self Loating.

Penyebab Self Loating

Mengapa perasaan negative ini dapat muncul pada diri Anda? Dijelaskan oleh Ikhsan Bella Persada M.PsI, psikolog, bahwa ada beberapa faktor penyebab timbulnya Self Loating pada diri Anda:

  • Ketika seseorang tidak bisa menerima dan mencintai dirinya seutuhnya, selalu aja merasa dirinya kurang. Hal ini dapat mengembangkan perasaan benr]ci terhadap diri sendiri.
  • Kurang memiliki dukungan dari orang-orang disekitarnya. Mereka cenderung selalu mengkritik pribadi Individu. Kemudian lama kelamaan hal tersebut membuat dirinya mendjadi tidak percaya diri atau insecure.
  • Memiliki self-esteem (harga diri) yang rendah, sehingga selalu merasa rendah diri dan tidak mampu membuat keutusan
  • Adanya pengalaman tidak menyenangkan sehingga membentuk rasa tidak aman pada diri sendiri.

Apa Tanda-tanda Anda Mengalami Self Loating?

Dikutip dari Very well ada beberapa tanda atau gejala seseorang yang mengalami Self Loating atau seseorang yang membenci dirinya sendiri, yaitu:

  • Selalu berpikr dirinya salah. Jika tidak sengaja membuat kesalahan, Ana akan merasa eolah-olah semuanya hancur.
  • Tidak dapat menerima pujian. Pendapat positif orang lain soal Anda malah Anda abaikan dan Anda mengira bahwa mereka hanya bersikap baik kepada Anda.
  • Anda cenderung hanya berfokus pada hal negatif, bahkan saat sedang mengalamai hari yang baik. Anda hanya cenderung fokus pada hal-hal buruk yang akan terjadi.
  • Tidak percaya diri. Anda akan kesulitan unutk percaya diri. Penderita Self Loating selalu beranggapan seolah-olah orang tidak menyukai dan menerima dirinya apa adanya.
  • Keras pda dirinya sendiri. Jika membuat kesalahan. Anda akan kesulitan memaafkan diri sendiri. Anda mungkin juga menyesali hal-hal yang telah atau gagal dilakukan di masa lalu. Bisa saja Anda kesulitan melupakan kesalahan yang terjadi tersebut.

Apa dampak dari Self Loating? Self Loating dapat berakibat butuk terhadapa kesehatan mental Anda, apalagi bila Anda merasakan Self Loating terus menerus dan terjebak dalam perasaan membenci dir Anda sendiri, maka hal tersebut dakan menimbulkan rasa cemas, menurunnya rasa percaya diri, sedih berkepanjangan hingga depresi. Kemudian bagaimana kita dapat mengatasi Self Loating pada diri kita?

Bagaimana Mengatasi Self Loating?

1.Melakukan Slef Care

Cara megatasi perasaan membenci diri sendiri bisa dilakukan dengan menerapkan Self Care. Carnya lakukan hal-hal yang bisa membuat perasaan Anda lebih baik seperti konsumsi makanan bernutrisi, rutin berolahraga, istirhat cukup, jalan-jalan alam bebas dan batasi waktu bermain di sosial media.

2.Berkonsultasi dengan Terapis

Apabila Anda kesulitan dalam menghilangkan perasaan Slef Loating, segera berkonsultasi dengan psikiater atau psikolog. Nantinya Anda akan dibantu untuk menghilangkan pola piker negative dalam pikiran dan menggantinya dengan hal-hal positif.

3.Rutin  Melakukan Meditasi

Full-length picture of concentrated woman in casual clothes meditating with closed eyes while sitting in lotus pose on the floor isolated over white wall

Meditasi dapan membantu Anda dalam menghilangkan pola pikir negatif yang ada dalam pikiran. Selain itu tindakan ini juga dapat memberi dampak positif bagi kesehatan Anda secara keseluruhan jika dilakukan secara rutin  Meditasi juga dapat membantu Anda dalam mengatasi kecanduan makanan dan juga dapat mengurangu emosi negatif pada dalam diri Anda. Meditasi dapat menyeimbangkan hubungan ANda dengan makanan yang Anda konsumsi. Selain itu meditasi juga dapat membantu Anda dalam menenangkan pikiran.

Sumber: https://www.idntimes.com/life/inspiration/wiwit-widiastuti-1/6-tanda-kamu-alami-self-loathing-terlalu-membenci-diri-sendiri-c1c2/1, https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3649196/kenali-self-loathing-perasaan-benci-terhadap-diri-sendiri, https://www.sehatq.com/artikel/self-loathing-atau-membenci-diri-sendiri-kenali-penyebab-dan-cara-mengatasinya  dan https://lifestyle.kompas.com/read/2013/07/16/1952377/Langkah.Meditasi.untuk.Jernihkan.Pikiran

Share on :