Perbedaan Sakit Kepala Akibat Stress dan Penyakit


Sakit kepala adalah salah satu penyakit yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Penyakit ini dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti penyakit ringan, penyakit serius hingga stress. Namun taukah Anda bahwa gejala sakit kepala yang disebabkan oleh penyakit dan stress itu berbeda? Bagaimanakah cara membedakannya? Berikut ini penjelasannya.

Sakit Kepala karena Penyakit

Penyakit-penyakit ringan seringkali diikuti dengan sakit kepala seperti flu, pilek hingga sinus. Gejala sakit kepala juga menandakan bahwa seseorang mengalami penyakit yang cukup serius seperti infeksi hingga tumor.

Pada umumnya, sakit kepala yang disebabkan oleh penyakit ringan akan muncul di bagian pipi, dahi alis yang disertai dengan peningkatan suhu tubuh atau demam. Sedangkan sakit kepala yang disebabkan oleh penyakit serius dapat ditandai dengan beberapa gejala seperti:

  1. Sakit kepala disertai kejang
  2. Sakit kepala yang memicu ketidaksadaran
  3. Sakit kepala yang mengganggu aktivitas
  4. Sakit kepala yang disertai dengan sakit di bagian telinga atau mata
  5. Sakit kepala yang terasa seperti adanya pukulan di kepala
  6. Dan lain sebagainya

Sakit Kepala akibat Stress

Stress merupakan suatu penyakit mental yang mengganggu penderitanya dalam beraktivitas. Stress juga termasuk dalam salah satu pemicu terbesar munculnya sakit kepala. Umumnya stress akan memberikan gejala sakit kepala yang terasa tegang dan migrain atau sakit kepala sebelah. Terkadang sakit kepala tegang yang disebabkan oleh stress akan terasa di bagian depan, atass atau sisi kepala. Biasanya sakit kepala ini akan muncul di sore atau  malam hari sehingga penderitanya akan mengalami kesulitan tidur.

Migrain juga memiliki gejala spesifik seperti sakit kepala yang terjadi di satu sisi kepala saja disertai dengan rasa mual muntah dan sensitive terhadap suara atau cahaya. Faktanya, stress dapat memperparah rasa sakit lainnya atau sakit kepala yang sudah ada. Berikut ini cara mengatasi sakit kepala yang disebabkan oleh stress:

  1. Melakukan olahraga rutin
  2. Meluangkan waktu untuk beristirahat
  3. Mengonsumsi makanan sehat
  4. Melakukan Latihan-latihan relaksasi seperti meditasi

Stress yang disebabkan baik itu dari penyakit maupun dari stress harus segera ditangani sebelum menjadi penyakit yang serius. Salah satu cara ampuh yang saat ini telah dilakukan oleh banyak orang adalah mengurangi stress dengan melakukan meditasi. meditasi dirasa memberikan efek relaksasi dan memberikan dampak positif untuk mental, fisik dan emosional.

Mulailah untuk melakukan Latihan meditasi bagi Anda yang merasa mengalami penyakit yang memicu sakit kepala maupun stress. Salah satu kelas meditasi yang telah terkenal memberikan manfaat nyata pada lebih dari 2.000.000 orang adalah kelas meditasi Anand Ashram.

Dengan Latihan yang berpusat pada memberdaya diri. Anda akan dilatih untuk mengelola segala penyakit Anda sehingga penyakit Anda akan cepat pulih dan sembuh.

Share on :