Peran Penting Makanan Bagi Kesehatan Mental


Saat ini telah banyak penelitian yang membahas tentang bagaimana peran makanan dengan Kesehatan mental. Riset menunjukkan bahwa nutrisi yang baik yang terdapat dalam makanan penting bagi Kesehatan mental. Makanan yang kita konsumsi sangat berpengaruh pada Kesehatan mental baik jangka pendek hingga jangka panjang. Makanan yang sehat berperan dalam perkembangan, dan pencegahan masalah Kesehatan mental seperti depresi, gangguan kecemasan, Alzheimer, dan lain sebagainya.

Makanan Sehat Meningkatkan Mood

Beberapa peneliti juga telah membuktikan bawa apa yang kita konsumsi saat ini sangat mempengaruhi suasana hati, konsisi mental hingga Kesehatan tubuh secara keseluruhan. Contohnya saat pagi hari sebelum anda melakukan aktivitas, kemudian Anda memakan makanan favorit Anda tanpa melewatkan nutrisinya, maka otomatis mood Anda akan ikut membaik dan siap untuk melewati hari dengan energi yang cukup.

Penghasil Serotonin

Sebanyak hampir 95% hormone serotonin dihasilkan dari makanan yang kita konsumsi. Hormone serotonin adalah salah satu hormone alami dalam diri manusia yang membantu tubuh kita untuk mengelola suasana hati yang dihasilkan di saluran pencernaan kita. Serotonin juga memiliki epran dalam mengurangi rasa sakit, mengatur pola tidur kita, dan menambah nafsu makan.

Seseorang yang memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan sehat seperti buah, sayur, ikan, daging rendah lemah, dan sebagainya, akan memiliki resiko depresi 25-30% lebih rendah daripada seseorang yang mengonsumsi makanan tidak sehat. Makanan yang kaya dengan asam elmak omega 3, seperti kacang-kacangan juga optimal dalam memulihkan depresi dan gangguan kecemasan.

Sebaliknya, kekurangan nutrisi makanan sehat dapat membuat tubuh melepaskan hormone adrenalin yang dapat memicu stress. Menurut Dr. Sarah Schenker, kurang nutrisi termasuk melewatkan sarapan pada pagi hari dapat meningkatkan sinyal stress dalam tubuh.

Sistem pencernaan akan dipenuhi bakteri baik

Bakteri baik pada usus atau pencernaan kita akan otomatis menangkis kuman jahat dan meningkatkan system kekebalan kita yang da[at mengurangi peradangan tubuh. Peradangan tubuh yang dimaksud adalah seperti suasana hati dan kognisi. Beberapa kuman yang terdapat dalam system pencernaan juga dapat menghasilkan vitmin B yang memperkuat otak.

Share on :