Pelatihan Jurnalistik “Bagaimana Menjadi Penulis yang Baik


Kamis, 23 Februari bertempat di One Earth Learning Center yang beralamat di Perum Dayu Permai P-17, pada pukul 20.15 WIB, T. Nugroho Persada seorang kolumnis beberapa media cetak baik lokal maupun nasional memberikan pelatihan jurnalistik dengan tema bagaimana menjadi penulis yang baik.


Ditemani oleh hujan rintik-rintik dan udara yang mulai terasa dingin acara pada malam itu dimulai dengan penjelasan apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi penulis yang baik. Salah satunya dan mungkin yang paling penting adalah membaca. Karena dengan membaca maka referensi yang kita miliki akan semakin luas, sehingga seorang penulis dapat menghasilkan sebuah karya tulis yang baik dan bermanfaat bagi para pembacanya.Nugroho juga menuturkan bahwa selama ini terinspirasi oleh Bapak Anand Krishna baik itu berupa tulisan-tulisan beliau di media maupun buku-bukunya yang berjumlah lebih dari 140 buku.

Suasana pada malam itu semakin hangat ketika T. Nugroho Persada juga menceritakan bagaimana pengalaman pribadinya saat awal mula menjadi kolumnis dibeberapa media cetak yaitu sering tidak dimuat, yang mana hal itu malah semakin membuat dirinya penasaran, sampai-sampai beliau mengukur tulisan-tulisan yang dimuat di media cetak dengan penggaris. Lalu sampai pada suatu hari dimana akhirnya tulisan beliau dimuat oleh sebuah media cetak dan bagaimana hal itu menjadi guyuran semangat baru untuk terus menulis. Kerja keras dan semangat pantang menyerah harus menjadi modal dasar seorang penulis yang ingin agar tulisannya dimuat oleh media.


Tidak lupa dipenghujung acara beliau juga memberikan tips dan trik tulisan seperti apa saja yang disukai oleh redaksi. Dan acara ditutup dengan memberikan sebuah tugas kepada para peserta pada malam itu untuk membuat sebuah tulisan baik itu berupa resensi buku ataupun laporan pandangan mata terhadap sebuah kegiatan. Selamat berkarya.

Reportase & Fotografer : Ardi Prasiswanto