Pandemic Fatigue: pengertian, gejala, penyebab dan cara mengatasi


Virus corona atau covid-19 masih ada disekitar kita dan sudah sepatutnya kita menjalankan protokol Kesehatan yang sangat ketat. Kita harus terus melakukan rutinitas pencegahan penularan Covid-19, seperti mengurangi aktivitas diluar rumah, memakai masker, menjaga jarak, sering cuci tangan dan hal ini menjadi kebiasaan baru kita.

Sudah lebih dari satu tahun kita hidup ditengah pandemi dengan segala keterbatasan dan ketidakpastian kapan wabah ini berakhir. Kondisi ini membuat sebagian orang jemu dan lelah atau saat ini dikenal dengan istilah Pandemic Fatigue.

Apa itu Pandemic Fatigue?

Istilah ini diciptakan oleh World Health Organization (WHO) yang menandakan mulai turunnya keinginan seseorang mengikuti anjuran yang ada di kala pandemi. Masyarakat dihadapkan langsung oleh merosotnya perekonomian nasional hingga banyak pegawai yang harus terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Selain kesulitan mencari pekerjaan, mereka juga merasa sulit untuk bertemu dengan orang lain. Pemerintah pun menganjurkan seluruh aktivitas dilakukan di dalam rumah.

Anda mungkin kehilangan momen berharga bersama keluarga. Banyak orang juga yang kecewa lantaran tidak bisa menjalankan seluruh rencana yang sudah dibuat sejak jauh-jauh hari. Pandemi pun mengubah cara masyarakat bepergian. Butuh banyak persyaratan medis agar Anda bisa naik transportasi umum untuk pergi ke luar kota maupun luar negeri. Semua yang Anda lalui selama lebih dari satu tahun ini tentunya sangat menguras energi hingga Anda merasa jenuh dan lelah dengan keadaan sehinggamembuat kesehatan fisik maupun mental Anda terganggu.

Gejala Pandemic Fatigue

Pandemic fatigue membawa banyak perubahan pada emosi dan perasaan seseorang. Berikut beberapa gejala yang mungkin muncul saat mengalami kelelahan akibat pandemi:

  • Mudah tersinggung dan marah-marah
  • Gugup dan cemas berlebih
  • Merasa sangat lelah
  • Sedih atau tertekan
  • Kehilangan semangat
  • Sulit berkonsentrasi
  • Sulit tidur
  • Perubahan nafsu makan
  • Sering sakit kepala, nyeri badan, atau gangguan pencernaan
  • Kondisi badan yang semakin tidak menentu

Bagimana cara mengatasi Pandemic Fatigue?

1. Refleksi dan terima

Luangkan sedikit waktu untuk mengecek kondisi diri sendiri dan merefleksikan apa yang Anda rasakan. Anda mungkin merasa lelah atas kondisi yang terjadi saat ini hingga Anda mengalami kelelahan dan kecemasan. Kemudian terimalah diri Anda bahwa semua respon ini normal dan dapat dimengerti selama masa pandemi ini.

2. Pulihkan energi

Selama pandemi  yang lebih dari satu tahun ini, kita perlu meluangkan waktu untuk memulihkan energi kita. Anda dapat melakukana hal-hal yang dapat membuat Anda senang saat dirumah saja, seperti membaca buku, journaling, mendengarkan musik atau bahkan melakukan hobi agar membuta Anda tenang. Namun harus tetap seimbangkan dengan kewajiban, jangan sampai kegiatan tersebut malah menjadi penghindar.

3. Meditasi & Latihan Pernapasan

Dengan latihan meditasi mengamati & menyadari objek meditasi, dalam hal ini adalah nafas masuk dan nafas keluar. Sadar nafas masuk, sadar nafas keluar. Sadar nafas panjang, sadar nafas pendek. Sadar pada saat ini.

Ketika memperhatikan objek meditasi, pikiran sering kali mengembara. Ketika pikiran mengembara, artinya kesadaran tidak pada saat ini, tapi mengembara entah kemana, untuk itu secara lembut dan perlahan, pikiran diajak kembali memperhatikan nafas masuk dan nafas keluar.

Mengamati nafas, tidak perlu menilai. Cukup menyadari saja, mengamati saja, tidak perlu menilai enak, nyaman, tidak enak, sakit atau lainnya. Ketika hal ini terjadi, tidak perlu merespon, tapi cukup mengamati apa yang terjadi. Ketika ada rasa sakit di kaki, sadari saja kaki terasa sakit. Lalu kembali ke memperhatikan nafas masuk dan nafas keluar.

Jika latihan ini terus menerus dilakukan, misalkan setiap hari selama 30 menit selama kira-kira 90 hari, maka pikiran secara perlahan terlatih untuk menyadari apa yang terjadi saat ini. Dengan dimikian jika kesadaran saat ini terlatih, maka pikiran tidak menyesali masa yang lalu, tidak juga mengembara ke masa depan yang menimbulkan kekhawatiran. Pikiran yang terlatih akan sadar saat ini, membuat seseorang bisa mengerjakan sesuatu dengan cepat dan lebih baik.

SEGERA IKUTI!

Kelas Meditasi dan Yoga bersama AKC Joglo Semar, Via ZOOM Online Selama Pandemi

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Kamis Pukul 19.00
  • Ananda’s Neo Kundalini Yoga : Setiap Rabu Pukul 19.00

Informasi dan Pendaftaran: 087888858858 / 0816677225 / 082227774618 Sumber : https://www.sehatq.com/artikel/mengenal-pandemic-fatigue-dan-tanda-tanda-yang-muncul-saat-anda-mengalaminya#cara-mengatasi-pandemic-fatigue

Share on :