Pada masa kini, Perlukah kita Meditasi?


Meditasi? Nanti aja deh, kalau saya sudah tua. Sekarang sih, butuh yang energik saja. Eitssss… itu cara pikir jaman dulu. Sekarang justru Meditasi sedang in banget. Mau tahu kenapa? Yuk simak artikel berikut ini

Semasa pandemic ini, cara pikir dunia sudah berubah. Meditasi yang dulunya dianggap sebagai sesuatu yang boring, optional dan hanya untuk kepercayaan tertentu, sekarang sudah terbuktikan bahwa Meditasi justru diperlukan dalam kehidupan kita sehari-hari. Menurut World Health Organization saja juga menyarankan untuk melakukan Meditasi. Mengapa demikian?

1. Meditasi Meningkatkan Kekebalan Tubuh Kita

Dengan meditasi, dapat menurunkan tingkat kolestrol, menstabilkan tekanan darah dan semua itu sudah dibuktikan secara ilmiah. Melansir dari Medical Daily, riset yang diterbitkan dalam jurnal Psychocomatic Medicine telah membuktikan bahwa Meditasi dapat meningkatkan kadar antiboci atau protein yang diproduksi oleh system kekebalan tubuh ketika mendeteksi antigen. Bahkan manfaat tersebut bis akita rasakan hanya dalam delapan minggu pertama kali rutin mempraktikan meditasi.

2. Meditasi mempercepat Tingkat Pemulihan serta Meremajakan Kita

Meditasi dapat melatih kita untuk lebih positif attitude. Jika pikiran kita sering tidak jernih, maka Meditasi dapat membantu kita. Pikiran yang suka kesana kemari, sehingga kita tidak fokus untuk menuntaskan pekerjaan apapun, susah untuk fokus dapat diatasi dengan Meditasi.

3. Meningkatkan Kognitif

Menurut penjelasan Psychology Today, kecemasan adalah sebuah keadaan kognitif yang berhubungan dengan ketidakmampuan seseorang untuk mengatur respon emosinya ketika dihadapkan oleh situasi yang mereka anggap ancaman. Nah menditasi, dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif seseorang untuk mengatur emosinya. Jadi setiap saat Anda cemas, Meditasilah. Jika kehidupan sehari-hari Anda sudah cukup stress, meditasi adalah sebuah alat untuk menurunkan stress Anda.  Ketika kita sedang Meditasi, kesadaran kita dialihkan sehingga kita lebih attentive dan menyingkirkan benang kusut pikiran yang menyebabkan kita stress. Jadi dengan Meditasi akan memberikan dampak pada Kesehatan jasmanai dan Mental emosional kita

4. Meningkatkan Kesadaran

Meditasi juga meningkatkan kesadaran diri kita, dengan kesibukan kita sehari-hari, segala kegiatan yang terjadi disekitar kita, membuat kita semakin sulit untuk menghubungkan diri dengan diri kita sendiri. Ini yang disebut dengan self awareness. Kesadaran diri ini adalah proses untuk memahami diri kita sendiri yang sesungguhnya terkoneksi dengan true self. Jadi dengan meditasi kita melakukan perjalanan kedalam diri. Jadi bukan jalan-jalan keluar kota, ke mall dan tempat wisata lain, namun diri kita sendiri justru sering diabaikan, sehingga kita sering stress dan gelisah karna itu.

5. Meditasi dapat mengatasi Insomnia

Dalam riset 2015 yang diterbitkan di AMA Internal medicine Trusted Source, peneliti telah membuktikan bahwa peserta yang melakukan meditadi yang berlangsung sekitar enam minggu, mengalami penurunanan gejala insomnia dan tidak lagi mengalami kelelahan di siang hari.

Menurut penelitian tersebut manfaat ini terjadi karena meditasi meningkatkan respon relaksaki sekaligus control system saraf otonom yang mempengaruhi pola tidur kita. Selain itu, meditasi juga membantu meningkatkan hormone melatonon yang memicu rasa kantuk, menurunkan detak jantung dan tekanan darah, sekaligus mengaktifkan bagian otak yang mengntrol tidur.

Point-point tersebutlah menjelaskan mengapa kita perlu Meditasi sekarang juga. Jika saya, meditasi itu kita perlukan seperti kita butuh makan setiap hari dan butuh bab setiap hari agar perut tidak kembung, tidak buncit dan tidak menimbun toxin dalam tubuh. Begitu juga dengan Meditasi, asupan kita setiap hari melalui panca indra kita, lalu kita timbun di mind kita, kemudian jika tidak ada proses pembuangan setiap hari, sembelit lah mind kita. Mind kita juga butuh bab juga. Jika tidak, akan menjadi Mind furns, kacaulah, bau. Yuk mulai Meditasi agar kita bisa lebih sehat secara holistik yaitu raga, jiwa dan mental emosional seimbang.

Yuk buruan ikuti latihan Meditasi Ananda’s Neo Self Empowerment di Anand Krishna Centre JogLoSemar yang diramu oleh Bapak Anand Krishna berdasarkan pengalaman beliau sembuh dari Leukimia & lebih dari 2 juta orang telah mempraktekkan dan meraih manfaat dari Meditasi Memberdaya Diri.

Ananda’s Neo Self Empowerment > Setiap Kamis Pukul 19.00 WIB Online Via ZOOM (during pandemic)

Untuk info lebih lanjut hubungi : 087888858858 / 0816677225

Sumber : Youtube Ma Archana https://www.youtube.com/watch?v=3it6iVNF8dU, https://www.tribunnews.com/kesehatan/2020/08/03/bagaimana-meditasi-mampu-mengatasi-insomnia?page=2, dan https://health.kompas.com/read/2020/03/11/180000468/riset-buktikan-meditasi-mindfulness-dapat-tingkatkan-daya-tahan-tubuh?page=all

Share on :