Neo Cortex untuk Memilih Tindakan yang Tepat


Manusia dibekali reptilian brain ( otak reptile ) yang artinya hanya makan, minum, tidur & kawin. Namun tidak hanya itu saja, manusia juga dibekali Neo-Cortex otak kanan dan otak kiri untuk menganalisa, menimbang mana yang tepat atau tidak tepat bagi tubuh.

green check mark and red cross buttons

Neo-Cortex seperti eksternal hardisk kosong yang perlu ada input data dari seluruh indra. Ketika masih bayi, tidak ada data yang dapat di analisa, oleh karenanya masih bab dan bak sembarangan, dia belum bisa memilah mana tindakan yang tepat dan yang tidak tepat bagi dirinya.

Dalam bahasa sanskerta ada istilah viveka, viveka adalah sebuah analytical program dengan hardware Neo-Cortex sebuah falkultas untuk memilih apa yang tepat dan yang tidak tepat untuk dilakukan. Oleh karena itu kita harus selalu belajar, mengembangkan skill & kemampuan serta memperluas wawasan sehingga menambah input ke dalam Neo-Cortex dan membuat kita memiliki data yang semakin luas. Viveka merupakan kemampuan untuk memilah yang mengantarkan kita pada kesadaran, memilih untuk melakukan tindakan yang tepat dan yang mulia.

Pilihan dalam hidup ini hanya ada dua yaitu menyenangkan dan yang memuliakan. Contohnya ketika bangun tidur pagi hari kita terus sembahyang dan olahraga. Hal yang menyenangkan (Preya) yaitu dapat tidur tenang hingga pagi hari dan dapat bermimpi. Sedangkan sembahyang dan berolahraga itu bertujuan untuk kemuliaan dan untuk kesehatan jiwa raga kedepannya atau disebut Shreya.

Preya adalah segala sesuatu yang menyenangkan panca indera. Apa pun juga asal menyenangkan panca indera itu adalah Preya. Mungkin tidak baik, mungkin tidak benar, asal panca indera saya puas itu adalah Preya. Sedangkan Shreya adalah tindakan yang tepat. Preya sifatnya hanya sesaat, menyenangkan sesaat, namun shreya sifatnya abadi. Setelah input datanya terkumpul banyak dengan cara belajar dan mempraktekan, firmwarenya mesti diupdate, updatenya dengan cara apa?

Beautiful Asian woman practicing meditation at home

Meditasi! Viveka adalah buah dari meditasi. Kemampuan untuk memilah sampai dengan pilihan yang tepat presisi untuk mengantarkan kehidupan dalam kebahagiaan.

Share on :