Modal Dasar Life Management untuk mencapai Keberhasilan


Jangan menyalahkan keberadaan kita saat gagal. Sebaiknya carilah kelemahan serta kekurangan diri sendiri, apa yang menyebabkan kegagalan itu. Dimanakah letak kesalahan kita sehingga kita gagal?

Seseorang bertanya “Mengapa orang baik masih gagal juga?” Baik dalam hal apa? Baik bagaimana? Mungkin ia shaleh, jujur, dan taat beribadah namun hasil dari suatu pekerjaan tidak hanya tergantung pada nilai-nilai tersebut. Pekerjaan juga tergantung pada hasil jerih payah kita, usaha kita. Energi yang kita gunakan untuk bekerja juga mewujudkan sebuah impian menjadi kenyataan.

Kita perlu memanajemen diri kita sendiri untuk menyeimbangkan itu semua dengan cara Life Management. Apa saja Modal Dasar Life Management? Yuk simak artikel berikut ini

Modal Dasar Life Management

Berdasarkan buku Life workbook yang ditulis oleh Anand Krishna, terdapat 3 Modal Dasar Life Management, yaitu:

1. Waktu

Kita harus dapat mengatur penggunaan waktu kita dalam sehari-hari. Dalam 1 hari terdapat 24 jam, kita bisa membagi 24 jam kedalam 3 bagian yang sama yaitu menjadi 8 jam setiap bagian. Gunakan lan 8 jam untuk bekerja, untuk menghasilkan uang bagi diri dan keluarga.

Kemudian gunakan 8 jam berikutnya untuk berkumpul bersama keluarga dan untuk mengembangkan diri seperti membaca buku atau menonton sesuatu yang dapat menambah wawasan. Sisa 8 jam berikutnya gunakan lah untuk makan, minum, tidur, mandi dan segala hal yang menjadi kebutuhan badan kita.

Selain itu kita juga harus membuat jadwal seharian dengan cara konvensional. Kamu bisa melakukan setiap malam sebelum tidur dengan cara mencatat semua pekerjaan yang harus dilakukan dan di-“selesaikan” keesokan harinya, kemudian coret setiap pekerjaan yang sudah terlaksana. Hal ini penting untuk menjaga efisiensi diri dan jangan menunda pekerjaan.

Yang paling penting adalah jangan menyia-nyiakan waktu. Waktu yang sudah berlalu tak pernah kembali. Hari ini, tanggal ini, tahun ini dan jam sekian tak akan pernah terulang kembali.

2. Ruang

Ruang terdekat dengan diri kita adalah “badan” kita. Sadar kah kita akan segala sesuatu tentang badan kita? Tentang kelemahan, kelebihan dan kebutuhan badan kita?

Setiap pagi badan kita membutuhkan energi segar yang hanya dapat diperoleh dari matahari pagi. Jika menggunakan standar waktu Indonesia bagian Barat, sekitar pukul 6 hingga 8 pagi. Gunakan waktu itu untuk berolah raga di pekarangan rumah atau untuk jalan pagi. Bisa juga untuk kegiatan dalam rumah, asal jendela rumah dibuka  lebar. Biarlah sinar matahari pagi menyirami rumah kita dengan energinya secara merata.

Dengan cara ini, kita mengadakan kontak langsung denga sumber energi alami. “Bukalah dirimu, supaya pemikiran jernih mengalir ke otakmu dari segala penjuru”.

Berjemur di bawah matahari pagi selama 150 menit setiap minggu ( dapat dicicil selama beberapa kali, sebaiknya setiap kali minimal 20 menit ) akan memperbaiki fungsi sumsum. Akibatnya, produktivitas dan kualitas darah akan meningkat. Inilah cara paling mudah, mujarab dan murah untuk reenergizing your body.

3. Napas

Napas terkait dengan pikiran, jika pikiran kita kacau, emosi sedang bergejolak, napas pun menjadi kacau. Sebaliknya, dalam keadaan tenang, napas ikut menjadi tenang. Dengan menggunakan reverse theory, kita akan mengatur napas, supaya pikiran ikut teratur.

Walaupun berada diurutan ketiga setelah waktu dan ruang, seseungguhnya napaslah yang membuat kita sadar akan waktu dan ruang, akan hidup dan kehidupan. Saat pikiran kacau dan napas ikut menjadi kacau, kewarasan kita lenyap tanpa bekas. Kita bisa marah-marah. Bisa membentak-bentak, bisa melupakan kebaikan orang, tidak mendengar pendapat orang.

Pada saat-saat seperti itu yang dapat menolong kita hanyalah napas. Dengan mengatur kembali pernapasan kita, pikiran akan ikut teratur. Kekacauan pun sirna. Hati menjadi tenang kembali

Kurangi siklus napas Anda, maka Anda dapat menambah Tingkat Keberhasilan Anda

Dengan mengurangi siklus napas, otak kita dapat mencerna lebih baik dan dapat berikir lebih jernih. Ide-ide baru pun muncul sehingga kita menjadi lebih kreatif. Kreativitas itulah yang membuat kita lebih berhasil.

Namun tidak hanya kreativitas saja, produktif juga, keduanya penting. Gabungan kreativitas dan produktivitas adalah efektivitas, efficacy. Jangan meremehkan atau menganggap kecil peran salah satu diantaranya.

Jika kita berhasil mengolah waktu, ruang dan napas kita dengan baik, keberhasilan tidak perlu dikejar lagi. Keberhasilan datang sendiri, karena ia adalah akibat dari apa yang kita lakukan. Jika kita melakukan sesuatu dengan baik, akibatnya tidak bisa tidak baik, pasti baik pula.

SEGERA IKUTI!

Kelas Meditasi dan Yoga bersama AKC Joglo Semar Via ZOOM Online Selama Pandemi

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Kamis Pukul 19.00
  • Ananda’s Neo Kundalini Yoga : Setiap Rabu Pukul 19.00

Lebih dari 2 juta orang sudah merasakan manfaat nyata dan kesembuhan oleh meditasi dan yoga bersama Anand Krishna.

Informasi dan Pendaftaran: 087888858858 / 0816677225 / 082227774618

Sumber : Buku Life Workbook – Anand Krishna

Share on :