Manfaat Self Love Bagi Kesehatan Mental


Pernahkah Anda mendengar Self Love? Akhir-akhir ini, istilah self-love banyak digaungkan di media sosial. Self-love ini begitu popular sejak kesadaran akan pentingnya kesehatan mental menjadi topic yang banyak diperbincangkan oleh masyarakat. Lantas, apa itu self-love? Apa manfaat self-love bagi kesehatan mental? Simak penjelasan dibawah ini.

Apa itu Self-Love?

Self Love

Dapat diartikan secara singkat bahwa self-love adalah bagaimana kita mencintai diri kita sendiri. Dalam arti bahwa bagaimana kita dapat menghargai, peduli dan mencintai diri sendiri terlebih dahulu dari pada orang lain.

Melansir Psychology Today, mencintai diri sendiri bukan sebatas mengenakan pakaian terbaik, merawat diri atau lebih mementingkan diri sendiri ketimbang orang lain. Lebih dari itu, self0love adalah mencintai diri sendiri dengan melibakan aspek menyadari diri sendiri, menghargai diri sendiri, percaya diri dan pedulli pada diri sendiri. Jika ada salah satu aspek yang belum terlaksana, maka self –love belum sepenuhnya utuh.

Self-love merupakan salah satu hal yang penting yang harus dilakukan. Mengapa? Dikarenakanan self-love memiliki banyak manfaat untuk Kesehatan Mental kita.

Apa Pentingnya Self-Love bagi Kesehatan Mental?

Mental Health

Self-love penting bagi kesehatan mental kita dikarenakan self-love merupakan sebuah fondasi yang memungkinkan kita untuk bersikap tegas, menjalin hubungan yang sehat dengan orang lain dan merasa bangga kepada diri sendiri.

Selain itu, ketika kita berada di tengah aktivitas harian dan tugas-tugas yang harus diselesaikan, membuat siapa saja rentan mengalami kelelahan secara fisik dan mentall. Kondisi ini sering berujung pada masalah kesehatan mental, seperti stress, depresi serta kehilangan semangat. Semua masalah tersebut dapat di minimalisir denan menerima dan mencintai diri kita sendiri.

Kemudian apa saja manfaat self-love yang dapat kita ambil untuk kesehatan mental kita? Mari kita simak artikel berikut ini.

Manfaat Self-Love bagi Kesehatan Mental

Self love

Self-love merupakan salah satu cara penting dalam menjaga kesehatan mental kita. Banyak manfaat self-love bagi kesehatan mental kita. Berikut ini manfaat self love, yaitu:

1.Mengurangi Rasa Cemas dan Stres

Mencintai diri sendiri akan membuat kita berusaha menerima diri sendiri apa adanya. Hal ini bahkan dapat membuat kita menjadi lebih percaya diri. Dengan begitu kita menjadi lebih puas dan bersyukur dengan kehidupan yang kita jalani. Tanpa kita sadari ke depannya akan berpengaruh dalam mengatasi rasa cemas dan stress yang sering kita alami.

2.Mengurangi Risiko terkena Gangguan Mental

Kesulitan untuk menerima diri apa adanya dan tidak nyaman menjadi diri sendiri merupakan hal yang dapat membuat Anda stress, jika dibiarkan hal ini dapat mengganggu kondisi psikologi Anda. Beberapa riset menunjukkan bahwa orang yang memiliki self-esteem dan self-love yang rendah, akan rentan terkena bebagai gangguan mental. Oleh karena itu, agar kondisi mental Anda tetap sehat, penting untuk bisa menerima dan mencintai diri Anda apa adanya.

3.Mengembangkan Gaya Hidup Sehat

Bagi banyak orang menjalani gaya hidup sehat itu sulit, namun self-love akan memberi kita motivasi untuk memasukkan tujuan hidup kita ke dalam aktivitas sehari-hari. Kita akan melihat hasil positif dari gaya hidup kita ketika kita membangun kepercayaan diri dan memulai tantangan baru. Manfaat dari mengembangkan kebiasaan hidup sehat diantaranya yaitu bersyukur, menghabiskan waktu bersama diri sendiri, melatih kesadaran penuh, memaafkan diri sendiri dan dengan bangga percaya pada diri sendiri.

4.Mendapat Kepuasan Hidup

Ketika kita benar-benar mencintai diri sendiri, maka kia akan menciptakan pola piker penerimaan. Kita akan bersedia menerima tahapan dan situasi hidup kita dan bertanggung jawab atas tindakan yang kita lakukan. Saat kita mengakui kekuatan yang kita miliki, kita menjadi puas dengan cara kita menjalaninya. Merasa cukup puas dengan hidup yang kita miliki berdampak besar bagi mental kita sehingga tingkat stress kita lebih rendah.

Lalu, Bagaimana Cara Kita Meningkatkan Self-Love?

1.Good Food for Good Mood

Health Food

Memberikan asupan sehat untu diri sendiri adalah cara yang tepat untuk mencintai diri sendiri. Anda bisa coba konsumsi buah berries yang kaya akan antioksidan untuk menjaga mood atau almond yang kaya akan selenium untuk mencegah depresi. Sebagai alternative, Anda juga dapat menikmatii buah-buahan dan sayuran sehat.

2.Let The Music Free Your Soul

listening music

Mendengarkan music dapat mengurangi rasa sakit, depresi dan meningkatkan kualitas tidur, karena dapat membantu focus dan menghadirkan aura positif. Music dapat menenangkan Anda dalam beristirahat.

3. Yoga melatih Mindfulness

Yoga

Berbagai riset membuktikan bahwa berlatih yoga tidak hanya membuat bugar tetapi juga memberi efek menenagkan. Yoga juga dapat mengurangi tingkat depresi dan serangan panik. Banyak kekurangan dalam diri umumya akan membuat Anda kurang menghargai diri sendiri. Yoga dapat berkontribusi untuk membuka pikiran bahwa jiwa dan raga dalam diri harus dicintai sehingga dapat lebih siap untuk menghargai sesuatu diluar itu.

Sumber: https://health.kompas.com/read/2020/03/08/193400268/apa-itu-self-love-?page=all, https://www.alodokter.com/pentingnya-self-love-dan-cara-menerapkannya, https://berkeluarga.id/2021/02/10/apa-itu-self-love-ini-manfaatnya-bagi-diri-sendiri/#:~:text=Membantu%20mengurangi%20rasa%20cemas,kita%20menjadi%20lebih%20percaya%20diri., https://blog.wecare.id/2020/10/tips-dan-manfaat-self-love-untuk-kesehatan-tubuh-dan-mental/, https://www.pikiran-rakyat.com/belia/pr-01325927/manfaat-yoga-dari-meningkatkan-kecintaan-pada-diri-sendiri-hingga-menurunkan-berat-badan?page=3 dan https://wartaevent.com/4-tips-self-love-untuk-generasi-muda-salah-satunya-yoga/3/.

Share on :