Manfaat Membaca untuk Menjaga Kesehatan Mental


Mungkin kita sering mendengar ungkapan “Buku adalah jendela dunia” maupun “Buku adalah gudang ilmu, membaca adalah kuncinya” . 

Ya… banyak ilmu yang bisa kita dapatkan dengan membaca buku. Sayangnya, menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%. Artinya, dari 1,000 penduduk Indonesia, hanya 1 orang yang rajin membaca! Ironisnya, meskipun minat baca buku rendah tapi data pada wearesocial per Januari 2017 menyatakan bahwa orang Indonesia bisa menatap layar gadget kurang lebih 9 jam sehari.

Padahal membaca buku merupakan salah satu kegiatan yang memiliki banyak manfaat bagi pembacanya. Membaca bisa bermanfaat untuk kesehatan mental dan fisik, dan manfaat ini bisa berdampak sepanjang hidup.

Berikut manfaat membaca buku yang perlu Anda ketahui berdasarkan berbagai riset terkini:

1. Membaca Meningkatkan kecerdasan

Peneliti Anne Cunningham dan Keith Stanovich dalam research yang berjudul What Reading Does for the Mind menyatakan bahwa kebiasaan membaca sejak kecil diperkirakan mampu memengaruhi kuantitas membaca seseorang dari tahun ke tahun. Semakin tinggi jam terbang membaca seseorang, maka semakin memperkaya kosakata dan kemampuan membacanya.

Pada penelitian lainnya dengan Scan MRI menunjukkan bahwa selama masa membaca dan berhari-hari setelahnya, koneksi dalam otak terus bertambah, terutama pada bagian somatosensory cortex, bagian otak yang merespons pada sensasi fisik seperti bergerak dan sakit.

2. Meningkatkan kemampuan Empati

Penelitian yang dilakukan The New School for Social Research menunjukkan hasil bahwa orang yang membaca fiksi – yaitu cerita yang menjelajahi kehidupan karakter cerita – menunjukkan adanya peningkatan kemampuan memahami perasaan dan keyakinan orang lain.

3. Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Menurut jurnal penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Neurology, aktifitas membaca buku mampu melatih daya ingat dan konsentrasi seseorang. Dengan membaca buku secara rutin, maka otak akan terstimulasi untuk terbiasa mengolah pikiran serta memori, juga akan fokus terhadap suatu hal selama beberapa waktu.

4. Mencegah Penyakit Alzheimer  atau penurunan kognitif karena usia

Semakin awal Anda mulai membaca, seperti yang ditunjukkan riset 2013 di Rush University Medical Center menunjukkan bahwa aktivitas sehari-hari  sangat berpengaruh terhadap fungsi kerja otak. Aktivitas sehari-hari tertentu, salah satunya adalah membaca buku, diketahui dapat mengurangi penurunan kemampuan mental seperti Alzheimer pada 32 persen penderitanya. 

5. Mengurangi Stress

Para peneliti dari University of Sussex mengungkapkan jika level stres dapat berkurang hingga 68% hanya dengan meluangkan enam menit membaca. Hal tersebut ini dikarenakan adanya berbagai macam imajinasi yang muncul ketika membaca buku mampu mengajak pembacanya untuk melupakan sejenak stres yang sedang dialami.

6. Membantu lebih panjang umur

Menurut penelitian yang dilakukan Yale University’s School of Public Health, mereka yang meluangkan waktu untuk membaca buku akan memiliki kesempatan hidup lebih lama. Dalam penelitian disebutkan bahwa dengan 3,5 jam membaca buku setiap minggunya, pembaca dapat memperpanjang hidupnya selama 23 bulan. Yang perlu kita perhatikan adalah, peneliti menemukan bahwa membaca “buku”lah  yang lebih berpengaruh.

Mengapa membaca buku? Avni Bavish dalam penelitiannya mengatakan bahwa jika buku lebih mengikat dan mudah membaur dengan pikiran para pembaca. Apa yang diceritakan dalam buku ternyata menyajikan lebih banyak manfaat kognitif sehingga mampu memperpanjang masa hidup pembacanya.

Dibandingkan dengan buku digital, buku fisik masih menjadi primadona dan digemari para pembaca.  Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan membaca buku dalam bentuk fisik, yaitu :

  • Mata tidak mudah lelah karena pencahayaan layat gadget
  • Tidak was-was dibawa kemana-mana karena semahal-mahalnya sebuah buku, tentu lebih mahal sebuah gadget
  • Bisa menjadi koleksi untuk dibaca oleh anak cucu di masa mendatang 
  • Adanya kepuasan tersendiri saat membuka halaman demi halaman
  • Lebih mudah untuk disumbangkan 
  • Bisa dibubuhi tanda tangan penulisnya 
  • Membaca jadi lebih fokus tanpa gangguan notifikasi gadget maupun tampilan layar 

Pertanyaan selanjutnya…

Apa yang perlu Anda baca?

Bacalah buku yang mampu menunjang peningkatan hidup anda menjadi lebih berkualitas. Contohnya seperti buku-buku karya Anand Krisna. Melalu buku-bukunya, Anand Krishna berbagi pengalaman hidup melalui praktik meditasi dan yoga. Anand Krishna mengajak setiap individu untuk melakukan pemberdayaan diri untuk memperbaiki pola pikir dan pandangan hidup sehingga dapat mengisi kehidupan dengan sesuatu yang bermakna dan meraih kebahagiaan sejati.

Share on :