Manfaat Mandi Air Hangat untuk Menurunkan Stress


Apakah Anda tahu bahwa mandi dengan air hangat memiliki banyak manfaat? Katanya mandi dengan air hangat dapat menurunkan Stres lho. Yuk, simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

Tidak hanya sekedar membuat rileks. Mandi air hangat dengan mencampurkan garam pada saat Anda mengalami stres karena rutinitas dan badan terasa pegal, maka dapat mengurangi nyeri otot dan sendi, karena garam memiliki kandungan Bromida.

Selain itu Garam juga dapat menghilangkan stres karena garam memberikan suplai ion positif pada tubuh yang berguna dalam menurunkan stress.

Berikut ini fakta tentang mandi air panas untuk mengatasi Stres.

Penelitian menunjukkan mandi air panas baik untuk mengatasi stress

Penelitian terbaru membuktikan bahwa mandi dnegan air panas selama 2 kali dalam satu minggu dapt membantu meringankan gejala depresi. Manfaat ini bahkan dianggap lebih tinggi dari olahraga fisik.

Dibandingkan dengan stress, gejala depresi merupakan kondisi yang lebih parah dari itu. Perasaan sedih berkepanjangan atau “kosong” dan tidak melakukan aktivitas apa pun merupakan sebagian dari gejala umum depresi.

Menurut penelitian terbaru depresi dalam skala sedang juga bisa dikurangi dengan rutin mandi air hangat. Penelitian tersebut dilakukan terhadap 45 peserta selama delapan minggu. Mereka di minta untuk berendam dalam air bersuhu 40°C selama 30 menit sebanya dua kali dalam seminggu dan sebagai perbandingan sebaian peserta juga diminta melakukan latihan aerobic secara intensif dalam dua sesi selama 45 hingga 50 menit.

Hasilnya peserta dengan mandi air hangat memilki skor berkurang hampir 6 poin sedangkan peserta yang berolahraga turun 3 poin.

Perawatan menangani stres dengan mandi air hangat

Perawatan mandi mulai bekerja lebih cepat, menurut dari Universitas Freiburg di Jerman yang diterbitkan pada situs web bioRxiv. Pola sushu tubuh mereka yang depresii dapat terganggu dan diyakini bahwa mandi air panas dapat membantu memperbaiki kondisi ini. Pemandian dalam penelitian tersebut meningkatkan suhu peserta sekitar 2°C. Anda yang melakukannya tidak harus melakukan setiap hari. Namun dapat diterapkan sekitar 2-3 kali dalam seminggu.

Kesalahan yang sering dilakukan saat mandi air panas

Tidak sedikit orang melakukan kesalahan saat mandi menggunakan air panas. Mereka ingin mendapatkan efek relaksasinya, namun nyatanya dapat merugikan jika Anda tidak mengetahui aturan mandi air panas. Berikut ini kerugian dalam diri Anda akibat kesalahan saat mandi dengan air panas, yaitu:

  • Rambut bercabang

Berkeramas saat mandi dengan air panas dapat menyebabkan rambut rapuh. Akibatnya rambut bercabang dan mudah patah. Tipsnya jika Anda ingin mandi dan keramas menggunakan air panas adalah tetap dibilas dengan air dingin. Ini dilakukan sebagai upaya utnuk menyeimbangkan dan menjaga rambut tetap sehat bercahaya.

  • Kulit Kering

Mandi dengan air panas setiap hari dapat mengganggu kelenjar minyak di kulit jika dilakukan terlalu sering. Tips nya yaitu hindari terlalu sering mandi dengan air panas setiap hari untuk mencegah kulit kering, yaitu seperti telah disebutkan sebelumnya yaitu sekitar 2-3 hari dalam seminggu.

Itulah yang perlu Anda ketahui bagaimana cara emngurangi depresi dengan amand air hangat. Anda juga tetap harus membatasi diri. Jangan berlebihan, biasa saja yaa..

Selain itu olahraga juga dipercaya ampuh untuk mengurangi depresi. Cara lain yang dapat dilakukan adalah melakukan meditasi, mencoba hal-hal baru atau berkonsultasi dengan psikiater.

Sumber: https://id.berita.yahoo.com/6-manfaat-mandi-air-hangat-041556156.html, https://lifestyle.kompas.com/read/2018/10/26/084000820/mandi-air-hangat-redakan-depresi-ringan dan https://www.popmama.com/life/health/novyagrina/cara-mengurangi-depresi-dengan-mandi-air-panas/3.

Share on :