Latihan Napas dan Bagaimana Pernapasan Bisa Meredakan Rasa Panik


Pernahkah Anda mendengar kalimat “Tenang jangan panik, Tarik napas yang dalam dulu”? Walaupun kalimat ini dipercaya hanya omongan lewat nenek moyang, namun Sebagian orang percaya bahwa menarik napas dapat menenangkan pikiran, loh.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa dengan melatih pernapasan dan menarik napas dalam-dalam sangat ampuh untuk membuat badan lebih rileks. Saat kita stress, diafragma akan merata mengakibatkan kita memiliki tempo napas yang cepat dan dangkal. Hal inilah yang menyebabkan saat kita stress kita akan merasa sesak.

Menarik napas dapat mengatasi stress?

Saat ini, telah banyak peneliti yang menyatakan bahwa Teknik pernapasan yang tepat dapat mengatasi penyakit seperti hypertensi, asma, gangguan kecemasan, insomnia, depresi hingga penyakit kronis lainnya. Untuk mendapatkan Teknik-teknik pernapasan yang tepat dapat dilakukan dengan meditasi atau yoga.

Saat kita bernapas, oksigen yang menggantikan karbon dioksida saat kita bernapas itulah yang memiliki banyak manfaat untuk kinerja system tubuh. Dengan memiliki atau melatih pernapasan maka kita dapat memperlambat detak jantung, menstabilkan tekanan darah, hingga mengatasi gangguan mental.

Dengan mengendalikan atau melatih pernapasan, maka kita dapat memusatkan pikiran pada saat kita bernapas, hal inilah yang akan membantu kita untuk melepaskan diri dan menenangkan pikiran. Bernapas juga dapat menenangkan saraf di otak.

Bernapas untuk menghilangkan stress

Terdapat beberapa Teknik dasar untuk menghilangkan stress dengan melatih napas:

  1. Tarik napas dalam-dalam melalui hidung dengan rileks
  2. Keluarkan napas secara perlahan lewat mulut
  3. Rasakan napas yang masuk dan keluar dari hidung anda dan nikmati relaksasi
  4. Lakukan Teknik pernapasan beberapa menit untuk meningkatkan ketenangan

Itulah Teknik dasar Latihan pernapasan untuk menenangkan pikiran. Jika Anda menginkan Latihan yang lebih detail dengan manfaat yang lebih besar, Anda dapat mengikuti kelas meditasi dan yoga bersama Anand Ashram.

Share on :