Kebiasaan Malam hari yang bikin hidup lebih sehat


Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas ritual pagi yang membuat sehat (dinacharya). Kemudian pada artikel kali ini kita akan membahas bagaiamana ritual sebelum tidur menurut Ayurveda (Ratricharya)? Yuk langsung saja simak penjelasannya artikel berikut ini.

Ritual malam sebelum tidur atau disebut Ratricharya, Ratri artinya malam, sedangkan charya artinya rutin atau kebiasaan yang dilakukan. Jadi Ratricharya adalah rutinitas pada malam hari. Yang jelas ketika kita melakukan Ratricharya pasti akan meningkatkan kualitas tidur kita atau disebut dengan Nidra. Nidra atau tidur ini sangat penting karna salah satu dari ketiga pilar jika kita ingin memiliki Kesehatan yang optimal, Kesehatan ini bukan hanya fisik namun juga Kesehatan mental emosional. Ratricharya ini termasuk ke dalam rutinitas yang ada dalam Ayurveda, jika kita rutin melakukannya berarti biologis time kita menjadi lebih baik dan yang jelas akan mengurangi resiko jatuh sakit.

Sebelumnya, kita juga harus tau apa yang menyebakan Kesehatan kita menjadi menurun, atau banyak complain tentang fisik. Salah satu contohnya yang jelas-jelas berkaitan dengan Ratricharya yang tidak baik adalah kesulitan tidur. Jika kita ingin memahami pola tidur atau siklus tidur yang tidak bagus kita harus tahu latar belakangnya apa, seperti:

  • Apakah selama ini kita cukup olahraga atau tidak
  • Apakah kita bisa bangun tidur pagi-pagi
  • Apakah kita suka tidur siang hari, biasanya kalau mau tidur di siang hari itu diperbolehkan bagi orang-orang yang sudah sepuh atau kecil atau ketika cuaca saat panas sekali
  • Apakah selama ini kita sudah mengolah Kesehatan emosional kita atau tidak
  • Dan juga penting ketika kita tidur menghadap kemana. Dalam Ayurveda selalu disarankan jika ingin memiliki pola tidur yang lebih sehat, hadaplah ke timur.
  • Apakah kita memiliki ketidakseimbangan vata atau pitta. Mengenai vata atau pitta kita akan bahas di artikel berikutnya.

Jadi dalam Ayurveda itu sebetulnya kapan sih waktu yang tepat untuk tidur?

Aalam juga punya time-management. Seperti diyakini dalam Ayurveda, tiga Dosa ada di tubuh manusia, yaitu Vatta Dosa, Pitta Dosa dan Kapha Dosa. Vata Dosa adalah udara, Pitta Dosa yang terdiri dari api dan air dan yang ketiga, Kapha Dosa adalah tanah dan air. Dari pagi sampai jam 10:00 pagi adalah saat Kapha sedang bekerja, mulai pukul 10:00 hingga 2:00 adalah Pitta dan dari jam 2:00 hingga 6:00 adalah waktu untuk Vatta.

Jadi kalau mau tidur, biasanya dalam Ayurveda disarankan saat jam Kapha yaitu antara sekitar jam 9 – 10 malam. Karna pada saat itu sebetulnya secara mental activity dan juga fisik kita mulai menurun dan ini adalah saat yang tepat dan baik untuk tidur. Diatas jam 10 malam itu sudah masuk kadalam jam nya pitta atau api, berarti apa? Biasanya orang-orang yang tidur diatas jam 10 justru malah hilang ngantuknya, menjadi aktif dan sering kali juga menjadi lapar sehingga kita pasti mencari makan. 

Marilah kita mulai Ratricharya yang dimulai dari satu jam sebelum tidur, berarti 1 jam sebelum jam 9 atau satu jam sebelum jam 10. Berikut ini rutinitas malam hari yang membuat kita lebih sehat:

1.Biarkan matahari terbenam dia dalam rumah Anda

Maksudnya apa? Yaitu cobalah lampu dirumah Anda tidak semua dinyalakan, karena ketika suasana sudah mulai redup, hormone kita akan menghasilkan melatonin yang akan membantu kita untuk ngantuk atau tidur. Sedangkan cahaya yang terlalu terang atau cahaya biru atau blue light yang dihasilkan dari monitor computer atau hp akan mencegah produksi dari hormone melatonin tersebut.

2. Hindari olahraga yang berat atau membahas tentang pekerjaan atau hal yang terlalu serius

Karena apa? Karena akan mengganggu relaksasi Anda, atau ketenangan Anda. Malah akhirnya akan menstimuli fisik dan mind kita

3. Mandilah di bawah pancaran sinar bulan

Maksudnya apa? Setelah makan malam, Anda boleh keluar bentar jalan-jalan malam dibawah sinar bulan, cukup 100 langkah, tidak perlu lama-lama. Jika menggunakan timer sekitar 5 – 10 menit Sudha cukup. Yang penting kita mengexpose diri kita dibawah sinar rembulan. Akan lebih pas lagi ketika Anda menggunakan baju putih karna akan sangat calming dan tarulah bunga di telinga Anda atau sedang pegang bunga karna akan membantu untuk menenangkan terutama bunga yang warna putih (tetapi ini tidak menjadi suatu keharusan, karna ini hanya rekomendasi).

4. Minum Ramuan atau Teh Ayurveda

Anda dapat mendapatkan ramuan dari bubuk kunyit. Atau Anda sebelum tidur atau setelah makan bisa mengkonsumsi Vata Balancing, teh herbal Ayurveda. Teh ini akan membantu Anda untuk lebih rileks.

5. Menghirup aromatherapy

Menghirup aroma-aroma yang menenangkan seperti jasmine dan lain.lain. Kami merekomendasikan untuk menggunakan aromatherapy Yogi’s Sleep Whell dari L’ayurveda karena berfungsi untuk mengantarkan Anda untuk lebih nyenyak tidur. Atau tipe Aromatherapy Yogi’s Worry Free untuk Anda yang tipe orang overthinking.

6. Asana, Pranayama & Meditasi

Anda bisa lakukan postur Supta Baddha Konasana. Kemudian hal paling penting sebelum tidur yang harus dilakukan yaitu teknik Anuloma Viloma Pranayama ( Alternate nostril breathing ). Lakukanlah 6 – 10 ronde. Teknik-teknik ini akan membuat tidur Anda lebih rileks dan nyenyak

SEGERA IKUTI!

Kelas Meditasi dan Yoga bersama AKC Joglo Semar Via ZOOM Online Selama Pandemi

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Kamis Pukul 19.00
  • Ananda’s Neo Kundalini Yoga : Setiap Rabu Pukul 19.00

Informasi dan Pendaftaran: 087888858858 / 0816677225 / 082227774618

Share on :