Halusinasi: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya


Halusinasi merupakan suatu pengalaman sensorik yang tidak disebabkan oleh rangsangan organ sensorik yang relevan. Halusinasi melibatkan organ-organ seperti pendengaran, penglihatan, dan perasaan , penciuman hingga pengecapan.

Halusinasi seringkali terjadi pada seseorang yang mengalami gangguan mental yang cukup akut seperti skizofrenia hingga bipolar. Terdapat beberapa jenis halusinasi seperti halusinasi visual, penciuman, pendengaran, hingga sentuhan.

Seseorang yang mengalami halusinasi seringkali merasakan sesuatu yang tidak ada atau tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya seperti merasakan ketakutan terhadap sesuatu yang spesifik padahal yang dia takutkan tidak ada disitu.

Penyebab Halusinasi

Halusinasi disebabkan oleh banyak hal, mulai dari penyakit fisik hingga gangguan mental. Halusinasi juga dapat disebabkan oleh penggunaan atau efek samping obat-obatan yang berlebihan. Berikut ini beberapa penyebab halusinasi:

  1. Penyakit sarag
  2. Epilepsy
  3. Glaucoma
  4. Penggunaan alcohol
  5. Narkoba
  6. Migrain
  7. Gangguan neurologis
  8. Penyakit mata
  9. Stress
  10. Insomnia
  11. Dan sebagainya

Gejala Halusinasi

Halusinasi dapat menyebabkan banyak gejala tergantung pada jenis-jenisnya:

  1. Melihat benda, makhluk, hingga cahaya
  2. Mendengar suara
  3. Merasakan sensasi tertentu dalam tubuh
  4. Mencium bau
  5. Mencicipi sesuatu

Cara mengatasi Halusinasi

Halusinasi harus segera ditangani, jangan sampai dibiarkan terus menerus karena akan sangat membahayakan orang yang emngalaminya. Untuk itu, jika Anda telah merasakan beberapa gejala diatas, makan Anda wajib untuk segera mengatasi gejala awal dari halusinasi. Berikut ini beberapa cara mengatasi halusinasi:

  1. Tidur yang cukup
  2. Jangan stress
  3. Melakukan relaksasi
  4. Olahraga rutin
  5. Mengalihkan perhatian
  6. Memfokuskan pikiran

Beberapa cara tersebut terkadang masih sulit untuk dilakukan oleh Sebagian orang. Namun ada satu cara yang akhir-akhir ini menjadi tren untuk mengatasi penyakit mental seperti halusinasi, yaitu dengan meditasi. Latihan-latihan yang terdapat dalam meditasi akan melatih tubuh kita untuk focus dan lebih mengenal bagaimana tubuh kita, cara mengalihkan perhatian, relaksasi, hingga mengatasi stress. Inilah yang akan menjauhkan diri kita dari halusinasi.

Salah satu kelas meditasi yang ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakti mental adalah Ananda’s Neo Self Empowerment. Telah banyak orang yang membuktikan manfaat nyata setelah melakukan Latihan meditasi ini. Bagi Anda yang merasa kesulitan mengatasi halusinasi ini, jangan tunda dan segera bergabung bersama kami!

Share on :