Gaya Hidup Ayurveda untuk Kesehatan Mental/Emosional


Jika kita bicara tentang gaya hidup ayurveda, maka itu akan terkait dengan bagaimana kesehatan kita secara holistik. Hal ini juga terkait dengan bagaimana kita memahami diri kita. Dan salah satunya adalah emosi.

Emosi merupakan produk yang dikirim (baik negatif atau positif) secara kompleks dari saraf terhadap sebuah rangsangan yang kemudian muncul dari luar dan dalam. Jadi emosi merupakan reaksi, yang menurut Paul Ekman terdapat 6 emosi dasar yaitu marah, sedih, senang, terkejut, takut, dan takut sehingga memang orang lain pun akan tahu seperti apa emosi dari kita. Baca juga artikel terkait tentang emosi.

Faktor – faktor apa saja yang menyebabkan emosi?

Dilihat dari psikologi, emosi memiliki 3 aspek yaitu afeksi, psikomotor/perilaku, dan kognitif. Persepsi antara individu berbeda, maka reaksinya akan berbeda. Misalnya jika terbiasa dengan ular sejak kecil maka ketika bertemu dengan ular menjadi tidak takut. Hal ini berbeda dengan yang tidak terbiasa, maka dia akan takut. Terdapat pula faktor budaya kolektif dan budaya individu. Selain itu, terdapat pula pengaruh dari fisiologis atau biologisnya di mana ada bagian otak disebut amigdala yang berfungsi untuk mengendalikan emosi.

“Kesehatan mental / emosional kita menentukan kesehatan fisik kita. Jiwa yang sehat membuat tubuh yang sehat, bukan sebaliknya. Kesehatan fisik kita tidak menjamin kesehatan mental / emosional kita.”

Anand Krishna

Apa itu Ayurveda?

Istilah ayurveda berasal dari bahasa sansekerta, yaitu Ayur yang berarti Hidup dan Veda yang berarti Ilmu Pengetahuan. Ayurveda adalah pengobatan tradisional yang berasal dari India dan sudah digunakan sejak kurang lebih 3.000 tahun yang lalu.

Berdasarkan prinsip bahwa tubuh kita memiliki kemampuan luar biasa untuk menyembuhkan diri sendiri. Maka Ayurveda mengoptimalkan kemampuan tubuh kita untuk menemukan keseimbangannya.

Ayurveda mengedepankan konsep keseimbangan. Orang yang melakoninya percaya bahwa penyakit bisa muncul karena adanya ketidakseimbangan atau stres pada penderitanya. Pengobatan ini menawarkan penyembuhan yang menggabungkan antara gaya hidup sehat dan pengobatan tradisional. Yang mana ini semua dilakukan untuk mengembalikan keseimbangan tubuh, pikiran, hati, dan lingkungan.

Pengobatan ayurveda biasanya akan dimulai dengan langkah menyucikan diri. Setelah itu, akan diikuti dengan menjalani pola makan khusus ayurveda (diet Ayurveda), mengonsumsi ramuan herbal, terapi pijat, yoga, dan meditasi.

Meditasi (Terbukti secara Ilmiah)

Mulai tahun 2005, ahli saraf Harvard Sara Lazar mulai menerbitkan beberapa hal yang mengejutkan: meditasi benar-benar dapat mengubah struktur otak Anda, menandai area utama korteks yang membantu Anda mengontrol perhatian dan emosi Anda, otak Anda dan mungkin lebih lanjut, perilaku Anda. Semuanya dapat menuai manfaat jika Anda berlatih meditasi selama setengah jam sehari selama delapan minggu.

Yoga : Old but Gold

“Yoga adalah warisan indah dari Peradaban Lembah Indus kuno, yang berasal dari tahun 9000 SM. Ini lebih dari sekadar serangkaian postur fisik (asana) dan latihan pernapasan (pranayama) saja, tetapi sistem pemberdayaan diri dan kesejahteraan holistik yang lengkap, di mana asana dan pranayama menjadi bagiannya. Dengan kata lain, Yoga adalah Gaya Hidup”

Anand Krishna

Manfaat Meditasi & Yoga

  1. Kemampuan untuk membuat keputusan yang tepat
  2. Percaya diri & keberanian
  3. Memiliki pikiran yang lebih jernih hubungan yang lebih baik
  4. Perlindungan dari energi negatif
  5. Lebih efisien dalam melakukan pekerjaan
  6. Menghadapi masalah dengan tenang
  7. Keseimbangan emosi
  8. Mengembangkan kecerdasan & potensi
  9. Kemampuan untuk membuat keputusan yang tepat

Yoga memberdayakan Anda untuk menghadapi semua tantangan hidup, tidak peduli seberapa sulitnya. Meditasi bukanlah tentang melarikan diri dari kehidupan. Ia menghadapi rintangan hidup dan mengatasinya. Meditasi adalah tentang hidup dengan gembira dan berbagi kegembiraan Anda. Ini tentang perdamaian, tentang cinta dan tentang harmoni. Ini tentang menciptakan surga di bumi.

Share on :