Gangguan Psikosomatis, ketika pikiran menyebabkan penyakit fisik


Selama ini, setidaknya kita mengenal ada dua jenis penyebab penyakit, yaitu infeksi virus dan bakteri. Namun tahukah kamu, ternyata penyakit fisik juga bisa terjadi karena stres, lho. Kondisi ini disebut dengan istilah psikosomatis. Apa itu psikosomatis? Bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak penjelasan pada artikel berikut ini

Apa itu Psikosomatis?

Gangguan Psikosomatis merupakan kondisi yang umumnya terjadi karena stres. Penyakit ini melibatkan pikiran dan tubuh, dan berujung pada munculnya penyakit fisik. Gangguan psikosomatis menyebabkan pikiran memengaruhi tubuh, dan pada akhirnya menyebabkan penyakit muncul atau penyakit bertambah parah.

Dengan kata lain, gangguan psikosomatis digunakan untuk menggambarkan keluhan fisik yang menjadi lebih parah akibat faktor psikis atau mental, seperti stres, depresi, ataupun rasa cemas. Jika dilihat dengan kacamata psikologi, istilah psikosomatis merupakan penyakit atau gangguan yang menyebabkan munculnya rasa sakit pada fisik. Kondisi ini juga bisa menyebabkan terjadinya masalah pada fungsi tubuh.

Mengenal gejala dan tanda-tanda gangguan psikosomatis

Berikut ini adalah beberapa gejala yang mungkin muncul pada orang yang mengalami gangguan psikosomatik:

  • Sakit perut atau nyeri ulu hati
  • Sakit punggung
  • Sakit kepala
  • Mudah lelah
  • Nyeri otot
  • Sesak napas atau asma
  • Nyeri dada
  • Jantung berdebar kencang
  • Telapak tangan berkeringat

Orang dengan gangguan psikosomatik, baik orang dewasa maupun anak-anak, umumnya dapat dikenali beberapa tanda di bawah ini:

  • Cenderung merasa khawatir berlebih meski keluhannya tergolong ringan.
  • Keluhan psikosomatik umumnya muncul pada saat di bawah tekanan atau saat beban pikiran meningkat.
  • Pola munculnya keluhan fisik biasanya dipicu oleh stres dan seringkali terjadi secara berulang.

Penyakit Dimulai dari Mind Kemudian Mengekspresikan ke Tubuh

Kita mengenal 2 macam penyakit, penyakit psikis yang berkaitan dengan mind manusia, dan penyakit organik yang berkaitan dengan tubuh manusia. Bila kita jatuh sakit, mana yang sakit duluan, mind kita atau tubuh kita?

Dan, penyakit dimulai dari mind. Kemudian, ia mengekspresikan ke tubuh kita, ke organ kita, ke sel-sel dalam tubuh yang membentuk organ. Biasanya, setelah penyakit sudah menular ke tubuh, kita baru menyatakan orang itu sakit. Berarti, kalau tubuh kita sakit, sesungguhnya ada yang tidak beres dengan mind kita.

Bagaimana Mengatasi kondisi tersebut?

Sebab itu, dalam program-program pelatihan yang diberikan Bapak Anand Krishna di Anand Ashram, ada yang disebut Mind Culturing — Membudayakan Mind, Mengelola Mind. Badan hanyalah alat dari mind. Makanya, yang harus diolah dengan  baik, diobati, adalah mind, bukan badan.

Memang betul, bila badan sudah terlanjur sakit, harus ada penanganan pertama dengan memberinya obat atau perawatan Iain. Tetapi untuk selanjutnya, mind yang harus diolah, dirawat, atau dalam bahasa Bapak Anand Krishna, dibudayakan. Orang yang sakit karena emosinya selalu bergejolak, walaupun diobati sevara medis, selama emosinya tidak dikelola dengan baik, penyakitnya akan muncul lagi.

SEGERA IKUTI!
Kelas Meditasi dan Yoga bersama AKC Joglo Semar Via ZOOM Online Selama Pandemi
Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Kamis Pukul 19.00
Ananda’s Neo Kundalini Yoga : Setiap Rabu Pukul 19.00
Informasi dan Pendaftaran: 087888858858 / 0816677225 / 082227774618

Sumber : https://www.halodoc.com/artikel/kenali-gangguan-psikosomatis-ketika-pikiran-picu-penyakit-fisik, https://www.alodokter.com/mengenali-gangguan-psikosomatik-dan-cara-mengobatinya.

Share on :