Cara Menetralisir Sombong dan Keangkuhan


Sombong (Pride) merupakan suatu perasaan atau emosi dalam hati yang dapat mengacu pada dua makna umum. Dalam konotasi negatif biasanya mengacu pada perasaan meningkatnya status atau prestasi seseorang, seringkali disebut “Keangkuhan”. Mereka yang mempunyai sifat sombong  cendrung tidak mempunyai atau menjalin menjalin hubungan yang stabil dengan orang lain.

Pada dasarnya, sifat sombong itu berasal dari tiga hal yaitu pikiran, ucapan, dan tindakan. Anda mungkin tidak pernah bersikap sombong, tapi kalau dalam pikiran Anda selalu merasa lebih baik dari orang lain, maka artinya Anda sudah dirasuki rasa sombong. Hidup menjadi tidak indah dan bahagia ketika banyak orang yang menghindar karena kesombongan Anda.

Karena itu Anda harus bisa menghilangkan sifat sombong tersebut. Bagaimana caranya?

Sebelum menghilangkan sifat sombong dari diri Anda, sebaiknya pahami dulu beberapa hal berikut in

Pahami Sifat Sombong yang Dimiliki

Sebelum mulai berusaha menghilangkan sifat sombong dari diri Anda, sebaiknya pahami dulu kesombongan yang sering Anda ditunjukkan. Apakah karena kekayaan, status sosial, jabatan tinggi, atau kepintaran Anda? Karena hal-hal itulah yang kerap memunculkan sifat sombong dari seseorang.

Lalu kenali juga karakter sombong yang ada dalam diri. Apakah Anda lebih cenderung sombong dalam bersikap, sombong dalam ucapan, atau sombong di dalam pikiran? Atau bahkan gabungan dari semua? Dengan mengenali dan memahami sifat juga karakter sombong yang dimiliki, Anda akan mengetahui apa yang harus diprioritaskan dalam menghilangkan kesombongan dari dalam diri Anda.

Kenali Kekurangan Diri

Sifat sombong biasanya memang dipicu oleh kelebihan atau keunggulan yang dimiliki dibanding orang lain. Karena itu, salah satu cara untuk mengurangi kadar kesombongan adalah mengetahui dan mengenali kekurangan-kekurangan yang ada pada Anda.

Tidak akan ada orang yang tidak punya kekurangan atau kelemahan. Superman yang sangat kuat dan cepat bisa lemah ketika di dekat batu kryptonite.

Begitu pula manusia yang sangat pandai dalam satu bidang keilmuan, tapi pasti ada bidang keilmuan lain yang tidak mampu dikuasainya.

Dengan mengetahui bahwa ada kekurangan di dalam diri, maka Anda bisa tersadar bahwa selalu “ada langit di atas langit”. Selalu ada yang terbaik di atas yang terbaik.

Berhenti Memikirkan Kelebihan Diri

Anda boleh bangga dengan kelebihan yang Tuhan anugerahkan kepada diri Anda. Tapi jangan terus menerus memikirkan kelebihan tersebut. Kebiasaan inilah yang kemudian akan memicu munculnya sifat sombong.

Karena itu, sehebat apa pun Anda dalam bidang tersebut biarlah orang lain yang menilai. Bukan diri Anda sendiri yang menilai. Ketika sebuah kelebihan dinilai oleh diri sendiri, yang ada hanyalah rasa sombong.

Mulai saat ini berhenti memikirkan  kelebihan diri. Lebih baik Anda memikirkan bagaimana caranya kelebihan yang dimiliki bisa memberi manfaat bagi orang banyak.

Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan sisi positif dari kelebihan tersebut dibanding membanggakannya secara berlebihan di hadapan orang lain.

Sejajarkan Diri dengan Orang Lain

Merasa lebih baik dari orang lain merupakan cikal bakal munculnya sifat sombong. Karena itu untuk menghilangkan sifat sombong tersebut posisikan diri selalu sejajar dengan orang lain. Tidak ada perbedaan di antara Anda dengan orang lain.

Makna dari pepatah “duduk sama rendah, berdiri sama tinggi” harus Anda selami dan laksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun Anda seorang direktur, jangan posisikan diri Anda terlalu jauh di atas para bawahan.

Seorang direktur yang ramah ke semua bawahan pasti lebih disukai dibanding direktur yang selalu menjaga jarak.

“Jangan berteman dengan dia, orangnya sombong.” Anda pernah mendengar ucapan seperti itu? Itulah dampak yang akan dirasakan oleh orang yang sombong. Tidak ada orang yang mau berhubungan dengan orang sombong. Sifat sombong itu sama sekali tidak ada manfaatnya. Semua kelebihan yang disombongkan hanya Anda rasakan sendiri. Sementara orang justru melihat Anda sebagai sosok yang punya sifat kurang bagus.

Oleh karena itu, Anda harus menghilangkan rasa sombong pada diri ini salah satunya dengan Meditasi. Meditasi adalah olahraga pikiran yang bisa memperkuat dan melenturkan batin. Itulah mengapa meditasi menjadi salah satu sarana detoksifikasi.

Berikut ini adalah gerakan meditasi untuk menghilangkan Keangkuhan

  1. Sambil menarik napas, angkat kedua tangan ke atas dan lengkukkan badan ke belakang
  2. Sambil membuang napas, kembali ke posisi tegak dan bungkukkan badan ke depan
  3. Ulangi langkah 1 & 2 minimal 3 kali atau maksimal 9 kali. Kemudian, berdiri santai kembali dan ucapkan dalam hati “Seberapa pun tingginya sepak terjangkau, kakiku masih tetap berpijak di atas bumi”.

Baca Juga Duka dan Lesu Sulit Hilang? Inilah Solusinya!

A ZOOM FESTIVAL FOR ALL!!!
13th International Bali Meditators’ Festival!
“May All Beings be Happy & Free of Illness”

Curtain Raiser: Workshop “Yoga Sutra & Kaitannya dengan Perjalanan Jivatma” (bahasa)
Minggu, 25 April 2021 at 08.30 – 11.00 WIB
Only IDR 180K (incl. book)

Klik Disini untuk Registrasi atau Klik pada Gambar

Share on :