Cara Jitu Atasi Overthinking


Berpikir sebelum melakukan sesuatu memang hal yang wajar dialami oleh setiap orang. Namun jika Anda selalu berlebihan dalam memikirkan sesatu hingga mengorbankan banyak waktu, kemungkinan besar Anda mengalami overthinking. Hal ini tentu tidak boleh dianggap sepele karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental dan fisik Anda.

Apa itu Overthinking?

Overthinking merupakan perilaku dalam memikirkan sesuatu secara berlebihan. Seseorang yang overthinking atau disebut overthinker akan selalu terganggu oleh pikiran-pikiran yang menyebabkan kekhawatiran. 

Overthingking dapat terjadi pada siapa saja. Namun, menurut sebuah penelitian, wanita cenderunng lebih sering mengalami overthinking dari pada laki-laki. Dalam sebuah penelitian, seseorang yang mengalami overthinking merasa kebiasaan tersebut merupakan sebuah sikap berhati hati sebelum mengambil keputusan dan lebih membantu mereka memahami situasi dari berbagai sudut pandang. Padahal, kebiasaan ini tidak baik dan sering kali memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Apa Saja Penyebab Overthinking?

  1. Pesimis dengan hal yang akan Anda Kerjakan. Anda merasa takut sama hal yang belum terjadi. Bahkan Anda belum mencobanya sama sekali. Pikiran sudah terpenuhi dengan hal negatif hingga akan menyalahkan diri sendiri untuk sesuatu yang belum terjadi.
  2. Sering memendam masalah sendiri. Hal ini juga dapat menyebabkan Anda mengalami overthinking.
  3. Membandingkan diri dengan yang lain. Di usia 25 tahun, Anda rentan mengalami quarter life crisis. Anda akan lebih mudah dan sering membandingkan pencapaian yang sudah diraih orang lain dan Anda belum bisa meraihnya. Hal ini menyebabkan terjadinya overthingking.

Dampak Overthingking

Berikut ini merupakan dampak yang akan terjadi ketika Anda mengalami Overthinking:

Kegiatan sehari-hari Terhabat

Memikirkan sesuatu secara berulang-ulang membuat energy jadi ikut terkuras dan tubuh terasa lelah. Rasa lelah inilah yang dapat menghambat Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Bukan hanya rasa lelah overthinking juga membuat Anda susah untuk berkonsentrasi, sulit fokus dalam memecahkan masalah dan sulit untuk berkomunikasi dengan orang lain sehingga kegiatan kita terhambat dan perfoma kita menurun.

Emosi tidak terkontrol

Overthinking juga dapat membuatmu kesulitan untuk mengontrol emosi. Anda akan cenderung sulit mengendalikan emosi dan mudah panik. Sebuah penelitian menyatakan bahwa overthinking dapat menyebabkan tekanan emosi yang berlebih hingga mendorong seseorang untuk melampiaskan emosi dengan cara yang tidak sehat.

Gangguan Kesehatan Fisik maupun Mental

Jika Anda mengalami overthinking, risiko yang terjadi yaitu gangguan Mental seperti depresi, gangguan kecemasan dan serangan panic akan semakin tinggi. Orang yang sudah memiliki penyakit ini, berpikir berlebihan pada hal-hal yang sebenarnya tidak perlu bisa memperparah gejalanya. Hal ini bisa mempersulit pengobatan dan menurunkan kualitas hidup penderitanya.

Dilansi dari situs Cleveland Clinic, risiko penyakit jantung bisa meningkat karena stress yang berkepanjangan, yang salah satunya dipicu oleh sikap overthingking.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

  • Berolahraga

Jika Anda sedang mengalami banyak pikiran, cobalah untuk berolahraga karena ini lebih baik dari pda memikirkan seseuatu yang belum pasti terjadi. Olahraga berguna memindahkan isi pikiran yang negative ke sesuatu yang pasti seperti olahraga. Olahraga mampu membantu mengeluarkan dari pikiran negative dan dapat menyeimbangkan hormon. Selain itu dapat menurunkan hormon stress dan melepaskan hormone bahagia sehingga meningkatkan suasana hati.

  • Konsumsi makanan sehat

Mengkonsumsi makanan sehat sangat beroengaruh terhadap gangguan kecemasan. Oleh sebab itu, Anda dapat mengkonsumsi makanan sehat bergizi dan seimbang. Dalam mengatasi rasa cemas, depresi atau overthinking kalian dapat meminimakisir konsumsi gula dan karbohidrat olahan. Perbanyak asupan vitamin B dalam tubuh. Sayuran hijau seperti bayam, pakcoy merupakan sumber vitamin B folat yang bisa menurunkan rasa stress dan tekanan.

Menurut Journal of Psychiatric Research yang diterbitkan tahun 2017, seseorang yang depresi memiliki kadar folat lebih sedikit. Oleh karena itu konsumsilah makanan dengan kandungan vitamin B folat agar suasana hati tetap terjaga.

  • Meditasi

Untuk menenangkan pikiran, ada sejumlah cara efektif yang dapat dilakukan, salah satunya adalah kombinasi antara peregangan, pernapasan dan relaksasi. Sebuah artikel dalam Journal of Clinic Medicine, 2018 melaporkan bahwa gerakan meditasi efektif untuk menangani berbagai masalah seperti rasa cemas, masalah tidur, overthinking dan depresi. Gerakan meditasi dapat meredakan hal tersebut dan dapat menenangkan diri.

Sumber: https://www.alodokter.com/hati-hati-dampak-overthinking-bisa-berakibat-fatal, https://www.youngontop.com/read/250877/5-penyebab-overthinking-yang-sering-tidak-kamu-sadari/, https://kids.grid.id/read/472449637/apa-itu-overthinking-ini-pengertian-dan-dampaknya-bagi-kesehatan?page=all, https://hellosehat.com/mental/stres/overthinking/, https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5569004/simak-4-cara-atasi-overthinking-untuk-jaga-kesehatan-mental, https://kumparan.com/kumparanfood/virgo-season-10-rekomendasi-makanan-yang-cegah-kamu-overthinking-1uAoxG7vXPG/full

Share on :