Tips Ampuh Mengatasi Insomnia di masa Pandemi Covid-19


Selain berdampak kondisi fisik, pandemi covid-19 juga sangat berdampak pada kondisi mental seseorang. Terutama penderita masalah kesulitan tidur atau sering disebut insomnia mengalami peningkatan sejak pandemic berlangsung. Google mencatat rata-rata pencarian “Insomnia” adalah 2400x/hari alias 100x/jam di wilayah Indonesia dan angka ini terus meningkat di masa Pandemi.

Penyebab Insomnia

  1. Selama pandemi, interaksi kita dengan gadget cenderung meningkat, padahal blue light pada Gadget cenderung membuat kita sulit tidur.
  2. Menurut Ayurveda (system Kesehatan holistik tertua di dunia), masalah insomnia disebabkan oleh ketidakseimbangan Vata, yaitu bio energi yang berurusan dengan Gerakan baik fisik maupun mental dalam diri kita.

Bagaimana mengatasinya?

1.Hindari penggunaan Gadget sebelum tidur

Saat matahari terbit, tubuh secara otomatis akan memproduksi hormon kortisol yang dapat membuat kamu terjaga selama siang hingga sore hari. Menjelang malam hari, tubuh akan memproduksi hormon melatonin yang dapat menyebabkan seseorang merasa lebih rileks hingga akhirnya mengantuk.

Perangkat elektronik dengan lampu layar, seperti gadget, televisi, dan komputer memancarkan cahaya yang diperkaya dengan panjang gelombang pendek yang dikenal sebagai blue light. Pancaran blue light yang terpapar dapat menurunkan produksi hormon melatonin alami di malam hari sehingga mengurangi rasa ngantuk yang muncul.

2.Jahe

Selain bagus untuk pencernaan, jahe juga bermanfaat untuk system saraf, termasuk mengatasi insomnia. Sebuah penelitian yang dipublikasikan tahun 2010 di jurnal Bioorganic & Medicinal Chemistry menemukan jahe terkait dalam system reseptor hormone serotine di otak, yang memiliki efek menenangkan kecemasan. Jahe ini salah satu rempah yang juga bagus untuk menyeimbangkan bio energi Vata sehingga serangan insomnia bisa berkurang.

3.Minumlah Satu Cangkir Susu Hangat

Susu hangat adalah salah satu pilihan terbaik untuk menghasilkan tidur yang nyenyak dan nyaman. Susu mengandung tryptophan yang dapat meningkatkan serotine di otak, suatu zat yang memberi kita persaaan bahagia dan nyaman. Tryptophan juga merupakan nutrisi penting yang berperan dalam pembentukan melatonin yaitu hormone yang mengatur jam tidur dan bangun. Anda dapat menambahkan ¼ sendok tek bubuk pala dan madu, bubuk pal aini adalah sedative alami yang membantu menenangkan.

4.Mandi Air hangat

Sebuah penelitian yan gditerbitkan di Inggris pada tahun 2002 menguak bahwa mandi air panas dapat merangsang otak untuk memproduksi hormone oksitosin yang berperan membuat Anda lebih bahagia. Para ahli juga mengungkapkan bahwa masalah insomnia dapat diatasi dengan mandi air hangat minimal 2 jam sebelum tidur. Suhu hangat pada air bisa membuat tubuh dan pikiran rileks. Mandi air hangat bersama dengan berendam air yang diberi aroma terapi juga membuat pikiran semakin tenang dan bahagia. Ketika pikiran rileks, nyaman dan tenang, kualitas tidur kita jadi lebih baik dan mengesankan sehingga dapat mengatasi masalah insomnia.

5.Lakukan beberapa Asana

Insomnia seringkali terjadi karena penderita tidak tenang atau banyak pikiran yang akhirnya menyebabkan susah tidur dan kurang istirahat. Padahal tidur yang baik diperlukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Cobalah untuk melakukan beberapa postur Asana. Asana (Postur Yoga) dan Pranayama (Pengaturan energi lewat pengaturan napas) seperti Shavasana bermanfaat untuk menenagkan Vata, sehingga Anda akan terhindar dari Insomnia

6.Meditasi

Masalah tidur seringkali berasal dari stress dan kekhawatiran. Dengan Latihan meditasi dapat membantu mengatasi stress sehingga bio-energi Vata menjadi lebih kalem dan tidur lebih lelap. Meditasi juga meningkatkan melatonin atau hormone tidur, serotine (precursor melatonin), mengurangi detak jantung, menurunkan tekanan darah dan mengaktifkan bagian otak untuk mengontrol tidur.

Ikuti Kelas Meditasi dan Yoga bersama AKC Joglo Semar Via ZOOM Online Selama Pandemi

  • Ananda’s Neo Kundalini Yoga : Setiap Rabu Pukul 19.00
  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Kamis Pukul 19.00

Informasi dan Pendaftaran: 087888858858 / 0816677225 / 082227774618

Sumber: https://www.halodoc.com/artikel/bermain-gadget-sebelum-tidur-bisa-sebabkan-insomnia, https://id.theasianparent.com/mengatasi-insomnia, https://www.alodokter.com/manfaat-minum-susu-sebelum-tidur-fakta-atau-sekadar-mitos, https://hellosehat.com/sehat/mandi-air-panas-atau-air-dingin/, https://www.fimela.com/beauty/read/3777167/mandi-air-hangat-sebelum-tidur-mengatasi-masalah-insomnia-benarkah, dan https://www.kompas.com/tren/read/2020/05/30/171700165/tips-cepat-tidur-bagi-insomnia-dengan-meditasi?page=all.

Share on :