Bukan Dengan Ilmu Medis dan Psikologis, Inilah Cara Tepat Menangani Stress


Apa itu Stress?

Stress merupakan salah satu gejala atau reaksi yang dihasilkan oleh tubuh seseorang yang diakibatkan oleh tekanan, ancaman maupun perubahan dalam hidupnya. Dalam penanganannya, stress membutuhkan bantuan medis dan psikologis. Namun taukah anda bahwa ternyata penanganan stress melalui cara medis dan psikologis saja tidak cukup, perlu adanya peran dari aspek kepribadian manusia agar stress dapat ditangani dengan tepat dan tuntas, yaitu dengan memperhatikan aspek fisik, energi, mental/emosional, intelegensia, dan spiritual.

Penanganan Stress dengan ilmu Medis

Pada ilmu medis, stress ditangani dengan bantuan dokter dengan mengutamakan aspek fisik. Kelemahan dari ilmu medis adalah hanya dapat menangani gejala penyakit yang disebabkan oleh stress itu sendiri melalui penggunaan obat-obatan anti depresi dan anti stress yang cenderung hanya mengurangi atau gejala penyakit tersebut, akibatnya penderita stress bisa mengalami ketergantungan obat.

Penanganan Stress dengan ilmu Psikologis

Pada ilmu psikologis, stress ditangani dengan bekerja pada tingkat alam bawah sadar dan obat penenang, serta beberapa latihan rileksasi. namun pada nyatanya alam bawah sadar saja tidak cukup, alias efeknya hanya mengalihkan perhatian untuk sesaat, sehingga dapat dimungkinkan bahwa stress akan datang kembali.

Medis dan Psikologis tidak cukup, lalu bagaimana?

Pada dasarnya, manusia memiliki beberapa aspek penting yang dapat mengatur pola pemikiran manusia itu sendiri. Terdapat 5 aspek dasar kepribadian yang harus dikuasai oleh diri manusia itu sendiri:

  1. Aspek Fisik
  2. Aspek Energi
  3. Aspek Mental/Emosional
  4. Aspek Intelegensia
  5. Aspek Spiritual

Kelima aspek diatas harus ditangani agar stress tidak semakin berkepanjangan. Seorang dokter hanya mampu menangani stress pada satu aspek yaitu aspek fisik, sedangkan seorang psikiater hanya mampu menangani stress pada satu aspek lainnya yaitu aspek mental/emosional. Lalu siapakah yang bisa menangani kelima aspek terserbut secara bersamaan? Jawabannya adalah diri kita sendiri.

Pada dasarnya kita tidak bisa hidup tanpa stress. Maka dari itu perlu adanya solusi untuk mengimbangi stress dalam hidup kita dengan tetap mementingkan kelima aspek dasar kepribadian manusia, yaitu dengan melakukan rileksasi. Rileksasi merupakan suatu teknik yang dapat membuat tubuh dan pikiran kita menjadi rileks. Pada saat melakukan rileksasi, kesadaran manusia akan mengalami peningkatan, dan tubuh akan menjadi tenang, sehingga pada akhirnya stress dapat sedikit demi sedikit mereda.

Rileksasi dapat dimulai dengan melakukan teknik-teknik sederhana seperti Latihan pernapasan, rileksasi otot, dan meditasi. Beberapa latihan yang telah terbukti dapat meredakan dan mengatasi stress saat ini adalah dengan mengikuti Latihan Seni Memberdaya Diri dan Kundalini Yoga.

Sumber: (Krishna, Anand. (2008). Sehat Dalam Sekejap Dengan Meditasi Dinamis Ananda (MeDinA), Jakarta: Gramedia Pustaka Utama)

Share on :