Atasi Rasa Tegang dengan Membudayakan Suara


Setiap orang yang merasa stress atau depresi pasti akan meras tegang, gugup, cemas, hingga tidak percaya diri dalam hidupnya. Rasa tegang dan gugup ini dapat mematikan suara kita. Biasanya kita akan cenderung diam dan membisu saking gugupnya.

Taukah Anda bahwa seseorang yang sering bersumpah adalah seseorang yang sedang stress. Saat seseorang merasa bahwa suaranya sudah tidak bisa dipercaya atau diyakini oleh orang lain, maka ia akan merasa tegang dan gugup. Untuk menutupi rasa gugup itu biasanya seseorang akan membisu atau justru meningkatkan volume suaranya dan bersumpah.

Jika kita telaah, akar dari munculnya rasa tegang seseorang adalah karena pemendaman emosi. Emosi yang banyak dipendam itulah yang akan menyebabkan orang stress dan menyebabkan penyakit. Orang-orang yang sedang mengalami stress akan memaksakan diri untuk menghilangkan suaranya, menahan marah, teriak, dan emosinya.

Namun jangan khawatir. Ada satu cara yang dapat menjadi jalur alternatif bagi kita yang terbiasa menahan suara atau emosi kita. Kita dapat tetap mengeluarkan emosi terpendam, tetap mengeluarkan kegelisahan, kekecewaan dan segala yang membebani kita tanpa ditujukan kepada orang tertentu. Latihan yang dimaksud adalah Latihan yang menembus berbagai sub-lapisan mental emosional sehingga yang terpendam akan keluar. Sub-lapisan tersebut seperti memori masa lalu maupun keinginan yang tidak tercapai.

Berikut ini beberapa Langkah praktik untuk membudayakan suara untuk membebaskan rasa tegang kita:

  1. Duduk bersila di atas kursi dengan mata tertutup. Bernapaslah seperti kelinci selama 3-5 menit. Bernapas seperti kelinci: Mulut terbuka seikit, ujung lidah dikeluarkan sedikit. Tarik dan buang napas lewat mulut.
  2. Teriakkan suara Haaaa untuk mengeluarkan rasa kegelisahan Anda. Lakukan selama 6-10 menit
  3. Berbaring dan rasakan perubahan diri anda yang lebih lega dan ringan.
  4. Berdiri perlahan dan berdansalah dengan bebas
  5. Setelah selesai, duduk kembali kemudian buka mata perlahan-lahan.

Dengan rutin melakukan Latihan ini, maka Anda dapat membersihkan diri dari emosi-emosi yagn terpendam.

Baca Juga Sakit Perut Berkepanjangan? Mungkin Anda Stress!

­­

Share on :