Atasi Kurang Produktif Karena Lelah Mental dengan Yoga


Apakah Anda pernah merasakan kurang produktif dalam melakukan aktivitas sehari hari? Bisa jadi karena Anda mengalami kelelahan mental. Bagaimana cara untuk mengatasi kurang produktif karena lelah mental? Apakah dengan Yoga mampu meningkatkan produktifitas sehari hari dan mampu mengatasi lelah mental? Simak penjelasannya pada artikel kali ini.

Apa itu Kelelahan Mental?

Kelelahan mental adalah kondisi dimana seseorang merasakan kelelahan secara emosional akibat aktivitas sehari hari. Kelelahan mental yang dialami seseorang mungkin terjadi setelah melakukan aktivitas atau pekerjaan yang membutuhkan banyak energi atau ketika seseorang merasa sangat stress dalam waktu yang cukup lama.

Bukan hanya saat pandemi, kelelahan mental dapat menyerang siapa saja dan menyebabkan penurunan produktifitas Anda sehari-hari. Biasanya, seseorang yang mengalami kelelahan mental, ia akan merasa terperangkap dalam situasi yang sulit dan tidak memiliki kekuatan atau daya untuk mengatasinya. Tidak ada salahnya jika kita kenali tanda-tanda Anda mengalami kelelahan mental agar dapat menangani kondisi ini dengan tepat dan terhindar dari gangguan mental yang lebih buruk.

Tanda-tanda Anda mengalami Kelelahan Mental

Ada beberapa tanda yang perlu Anda waspadai terhadap kondisi kelelahan mental. Berikut ini tanda-tanda Anda mengalami kelelahan mental, yaitu:

  1. Sulit Berkonsentrasi. Terlalu banyak aktivitas sehari hari yang membuat tekanan, dapat membuat Anda kehilangan fokus dan kesulitan untuk berkonsentrasi pada suatu pekerjaan yang sedang dilakukan.
  2. Mudah Terbawa Emosi. Saat Anda kelelahan mental, hal-hal kecil pun menjadi sulit ditoleransi. Sebabnya cadangan emosi semakin sedikit yang membuat Anda kehilangan kesabaran.
  3. Kehilangan Motivasi. Hilangnya motivasi diri walaupun sedang melakukan hal yang kita sukai. Anda akan beranggapan bahwa pekerjaan yang Anda kerjakan membuahkan hasil yang buruk atau sia sia. Anda juga akan sering menunda-nunda pekerjaan yang diberikan.
  4. Mudah Tersinggung. Ketika Anda mengalami kelelelahan mental, Anda akan sering mudah tersinggung walaupun terhadap hal-hal kecil yang dianggap wajar.
  5. Insomnia. Seseorang akan merasa sulit tidur saat mengalami lelah mental. Apabila otak mengalami kelelahan akibat kurang tidur, maka insomnia dapat memperburuk kelelahan mental.

Yoga dapat Meningkatkan Produktivitas dan Mengatasi Lelah Mental

Sebuah survey nasional menunjukkan bahwa 31 juta orang dewasa di Amerika Serikat (lebih dari 13% dari populasinya) telah melakukan yoga untuk kesehatan. Dalam berbagai uji klinis, yoga juga dikenal dapat menyembuhkan rasa sakit dengan cara meregangkan oto dan menyelaraskan postur tubuh untuk menurunkan tekanan darah dengan menyeimbangkan kembali sistem saraf otonom dan mengurangi peradangan dengan melakukan pengaturan stress kronik

Baru baru ini, yoga semakin dikenall bukan hanya untuk mengurangi stress dan meningkatkan kebugaran fisik, namun yoga juga mampu untu mengatasi lelah mental bahkan gangguan mental yang dapat meningkatkan produktivitas sehari hari.

Yoga bukan hanya olahraga biasa, namun yoga dipandang sebagai fenomena budaya yang menggabungkan antara keseimbangan fiik, mental dan spiritual. Yoga berasal dari bahasa sanskerta yang berarti “penyatuan”, memaknai penyatuan terhadap alam dan Sang Pencipta. Maka saat melakukan yoga, bukan hanya tentang mengontrol tubuh saja melainkan juga tentang memusatkan fokus dan mengendalikan panca indra.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat pentingnya yoga dalam meningkatkan produktivitas sehari-hari:

  • Memperbaiki Postur Tubuh

Pekerjaan atau aktivitas padat membuat tubuh Anda merasa kelelahan sehinggga membuat tubuh menjadi kaku dan tegang. Dengan melakukan yoga, Anda akan mendapatkan manfaat kesehatan fisik yaitu meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan otot. Gerakan dalam yoga membantu Anda untuk membuat postur tubuh menjadi lebih lentur dan mengurangi ketegangan oto karena terlalu lama bekerja

  • Meningkatkan Kreativitas

Kreativitas dapat dikembangkan lewat olahraga yoga karena gerakan yoga berfokus pada pernapasan dan konsentrasi pikiran. Yoga dapat membantu menyegarkan pikiran yang merasa suntuk atau kosong, kemudian memungkinkan  adanya ide-ide kreatif yang muncul dalam pekerjaan.

  • Mengurangi Stres dan Mengelola Emosi

Dengan berlatih yoga secara teratur,Anda akan dapat mengelola emosi diri sendiri. Anda akan lebih sabar dan mengendalikannya dengan tenang.

Sumber: https://www.halodoc.com/artikel/waspada-5-tanda-kelelahan-mental, https://theconversation.com/dapatkah-yoga-membantu-menyembuhkan-gangguan-mental-98795 dan https://www.jurnal.id/id/blog/2018-rutin-berolahraga-yoga-untuk-lebih-fokus-produktif-menjalankan-bisnis/.

Share on :