Apakah Trauma Masa Lalu yang Menyakitkan bisa dihilangkan?


Setiap orang memiliki memori masa lalu, entah baik maupun buruk. Keduanya melekat erat dan bahkan kadang kembali terlintas. Saat kenangan baik muncul, Anda mungkin akan tersenyum bahagia. Sebaliknya, jika kenangan buruk atau menyakitkan muncul, justru Anda mungkin akan sedih atau bahkan menyebabkan Anda trauma.

Ketika masa lalu yang menyakitkan terlintas, mungkin sebagian orang akan mencari pelarian untuk melupakan masa lalu tersebut, ntah itu negatif maupun positif. Namun, sebagian orang justru mencari cara instan seperti mengkonsumsi narkoba, pergi ke diskotik, nonton film, makan yang banyak, berbelanja walaupun tidak butuh, nongkrong untuk menghabiskan waktu, melakukan kekerasan, sering marah-marah, dan bermain game.

Cara-cara instan tersebut hanyalah berhasil untuk sesaat saja. Ketika di kala kita sendiri dan sedang mendengar sebuah lagu atau menonton adegan suatu film, kenangan-kenangan menyakitkan itu pun akan muncul kembali. Celakanya lagi, jika trauma tersebut muncul ketika kita sedang ingin maju dalam berusaha, membangun karir, bersosialisasi yang dapat membuat kita menjadi kembali mundur dan takut untuk melangkah.

Pertanyaannya, Apakah masa lalu tersebut bisa dihilangkan sama sekali?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, pernahkan Anda kebelet taktertahankan ingin buang air kecil? Pasti semua pernah mengalaminya. Ketika Anda dalam kondisi tersebut dan ada seorang motivator kelas memotivasi Anda untuk tenang, apakah dapat membuat Anda tenang? Atau ketika ada Guru Agama atau Guru Spiritual favorite menasehati Anda untuk merasakan kedamaian, apakah akan membuat Anda damai dan tidak merasa kebelet buang air kecil lagi? Pasti Anda menjawab, tidak…

Karena badan ini sedang kebelet buang air kecil dan ingin segera dikeluarkan. Pikiran dan perasaan Anda juga pasti tertuju pada rasa kebelet dan hanya fokus untuk mencari solusi serta mencari toilet terdekat untuk kemudian dikeluarkan. Jadi sesuatu yang baik tidak akan bisa masuk ke dalam pikiran dan perasaan Anda bila badan (wadah) Anda menderita.

Seperti itulah yang terjadi, masa lalu yang menyakitkan dan trauma bila terus dipendam akan seperti orang yang terus menerus menahan buang air kecil. Pertama mungkin bisa Anda tahan, tetapi semakin lama Anda pendam maka akan timbul stres, konflik di batin Anda dan lama kelamaan akan menyebabkan depresi sampai timbul penyakit-penyakit lain. Ini karena ada sesuatu yang Anda pendam di pikiran dan perasaan Anda selama ini.

Bagaimana membuang trauma?

Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan teknik katarsis atau dikenal dengan upaya pembersihan dari sampah-sampah pikiran dan perasaan tersebut sehingga kita akan menjadi tenang dengan sendirinya. Dengan Latihan teknik katarsis seperti Meditasi, trauma tersebut berangsur-angsur akan hilang dan kehidupannya akan kembali normal.

Apakah pengalaman masa lalu yang menyakitkan dan trauma dapat kita lupakan dan hilangkan sama sekali?

Jawabannya adalah tidak, karena ingatan itu tidak akan mungkin hilang. Namun efek dan akibat yang ditimbulkan dari ingatan itu bisa tidak lagi mempengaruhi kehidupan kita. Contohnya pengalaman dari Ibu Dewi (Psikolog) yaitu kehilangan orang yang disayangi, menyebabkan beliau sering marah-marah dan timbul berbagai macam penyakit. Kemudian setelah melakukan latihan-latihan Meditasi, kehidupannya kembali normal, emosi dapat terkendali dan penyakit tidak lagi mengganggu.

Tetapi ingatan tentang kehilangan orang tersayang tidak pernah lupa, Ibu Dewi (Psikolog) bahkan sekarang bisa menjadi fasilitator meditasi di Anand Ashram dan menceritakan pengalaman beliau ini tanpa ada sedikitpun gangguan yang berarti. Karena beliau sudah bisa menerima sehingga ia kemudian bisa melanjutkan hidupnya.

Apakah Anda tertarik dengan Latihan Meditasi dan sedang bingung mencari tempat untuk Latihan Meditasi? Yuk tunggu apa lagi, Ikuti latihan Meditasi Ananda’s Neo Self Empowerment di Anand Krishna Centre JogLoSemar yang diramu oleh Bapak Anand Krishna berdasarkan pengalaman beliau yang sembuh dari Leukimia & lebih dari 2 juta Aorang telah mempraktekkan dan meraih manfaat dari Meditasi Memberdaya Diri.

Ananda’s Neo Self Empowerment dilaksanakan setiap Kamis Pukul 19.00 WIB dan online Via ZOOM (during pandemic)

Untuk informasi lebih lanjut hubungi: 087888858858 / 0816677225 / 082227774618

Sumber : https://www.anandashram.or.id/meditasi/belajar-meditasi/cara-meditasi/apakah-masa-lalu-yang-menyakitkan-bisa-dihilangkan.html.

Share on :