Alami Gejala Stress? Jangan Khawatir Ini Solusinya


Alami Gejala Stress? Ini merupakan suatu gejala dari gangguan mental awal yang seringkali terjadi di dalam hidup setiap orang. Gejala-gejala stress awal seringkali dianggap sepele oleh banyak orang. Taukah anda, bahwa mudah lelah adalah salah satu gejala awal stress? Jangan sekali-sekali kita mengabaikannya.

Jikalau panas dapat diukur dengan thermometer, tekanan darah tinggi diukur dengan tensimeter, berbeda dengan gejala stress yang tidak bisa diukur oleh alat apapun kecuali diri kita sendiri. Mulailah mendiagnosa gejala-gejala yang terjadi dalam hidup Anda yang mengganggu aktivitas sehari-hari Anda mulai sekarang.

Berikut ini beberapa gejala fisik, psikologis, dan perilaku akibat gangguan stress yang bisa membantu Anda untuk mencegah stress berat sebelum terlambat:

Gejala Fisik

  1. Sakit Kepala
  2. Tenggorokan kering
  3. Sesak
  4. Rahang terkunci
  5. Dada sakit
  6. Nafas Pendek
  7. Gangguan Pencernaan
  8. Pegal-pegal
  9. Keringat dingin
  10. Insomnia

Gejala Psikologis

  1. Merasa tidak berharga
  2. Kehilangan arah
  3. Putus asa
  4. Merasa tidak berdaya
  5. Depresi
  6. Cemas
  7. Gelisah
  8. Tertekan
  9. Merasa terancam
  10. Mudah tersinggung
  11. Mudah sedih
  12. Sensitive

Gejala Perubahan Perilaku

  1. Menghindari tanggung jawab
  2. Prestasi kerja menurun
  3. Kurang produktif
  4. Menunda-nunda
  5. Makan berlebihan / tidak nafsu makan
  6. Tidak sabaran
  7. Malas bersosialisasi
  8. Kurang beribadah
  9. Suka berdebat
  10. Merokok

Dari beberapa gejala yang telah disebutkan diatas, apakah ada salah satu yang Anda rasakan saat ini dalam diri Anda? Atau Anda melihat gejala ini pada seseorang yang Anda sayangi? Jangan khawatir dan jangan panik. Tidak juga kita menghakimi dan malah menjauhi diri kita dari orang yang kita anggap mengalami gejala ini. Justru berdayakanlah diri kita dengan memahami gejala ini sebagai gejala. Sehingga dengan pemahaman ini kita bisa memulai kebiasaan-kebiasaan baru yang lebih membangun dan positif.

Stress bukanlah hal yang perlu dihindari. Stess harus dihadapi dengan penuh percaya diri. Layaknya pekerjaan, stress bisa di manage dengan Manajemen Stress.

Semua masalah pasti dapat dilewati jika Anda sendiri dapat membuka diri dan mau menghadapi sesuatu secara positif, melatih pemberdayaan diri, dan mencintai apapun yang ada di dalam diri Anda saat ini.

Baca Juga Rahasia Hidup Sukses di Usia Muda

Share on :