5 Manfaat Memaafkan Bagi Kesehatan Mental


Memaafkan bukanlah hal yang mudah dilakukan bagi setiap orang. Sulitnya memaafkan bisa jadi muncul karena kecenderungan orang yang dengan mudahnya meminta maaf, tetapi tidak benar-benar tulus memaafkan.

Dibalik sulitnya memaafkan, ternyata terdapat manfaat memaafkan yang luar biasa bagi kesehatan mental kita. Ada salah satu penelitian mengenai hubungan memaafkan bagi kesehatan yang dilakukan oleh Toussaint, yaitu untuk menilai hubungan antara paparan stress, kemampuan memaafkan dan kaitannya dengan status kesehatan seseorang. Dapat disimpulkan bahwa mengembangkkan diri menjadi pemaaf dapat membantu menekan stress yang dialami oleh seseorang.

Apa saja Manfaat Memaafkan Bagi Kesehatan Mental?

Berikut ini maanfaat memaafkan bagi kesehatan mental seseorang, yaitu:

1.Menurunkan Risiko Stres

Sebuah studi yang dilakukan oleh Annals of Behavioral Medicine menjelaskan bahwa memaafkan seseorang dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Hal ini dapat mengurangi risiko stress dan perasaan tertekan, sehingga pada akhirnya proses memaafkan pun dapat meningkatkan kesehatan mental seseorang.

2.Mengatur Emosi Lebih Baik

Sikap enggan memaafkan akan membuat seseorang berada di fase marah berlebihan sehingga sulit mengontrol emosi. Pada akhirnya, hal ini akan menimbulkan risiko tekanan darah tinggi. Beda halnya ketika rasa marah tersebut bisa diredam dan digntikan oleh belajar memaafkan. Proses ini akan membantu Anda dalam mengontrol emosi lebih baik yang tentunya menyehatkan tubuh.

3.Meningkatkan Kualitas Tidur

Memaafkan dapat mengurangi efek negative dari amarha dan emosi yang berlebih. Proses memafkan dapat menjadi sarana relaksasi yang mengurangi tingkat kecemasan sehingga pada akhirnya berpengaruh pada pemenuhan kualitas tidur yang lebih baik. Mengingat tingkat kecemasan yang tinggi dan kerap dikaitkan dengan masalah tidut seperti insomnia maupun hypersomnia.

4.Tenang dan Damai

Jika ada hadiah yang sepadan dengan memaafkan, itu adalah perasaan tenang dan damai. Ketika seseorang belum membuka pintu maaf, artinya luka emosi masih akan terngiang lebar. Namun ketika kita mampu mengampuni kesalahan, itu merupakan cara melepaskan emosi yang tertumpuk. Dengan demikian akan muncul perasaan tenang dan damai.

5.Melatih Empati

Setelah fase menerima, ketika Anda memaafkan orang lain berarti Anda telah menaruh empati pada seseorang tersebut. Anda mampu memaafkan karena data memahami kondisi orang tersebut dan mengapa orang tersebut dapat bertindak demikian. Rasa empati akan mencipk=takan dampak bagi kehidupan sosial seseorang. Ketika ada orang lain yang bersalah dan meminta maaf dengan tulus pada Anda hingga memaafkannya, berarti Anda telah memahami perasaan orang tersebut.

Tips Memaafkan untuk Ketenangan Hati

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan agar dapat memaafkan kedalahan orang lain dengan iklas, yaitu:

1.Kenali Emosi dan Perasaan Anda

Diverse people with negative emoticons using mobile phones

Cobalah menelusuri kembali apa yang sebenarnya membuat Anda benar-benar terluka dan yang Anda rasakan secara juju. Tanpa menyalahkan apa pun dan siapa pun. Cobalah untuk mengenali perasaan ddan pikiran Anda sendiri. Tanyakan pada diri Anda sendiri, tanpa menghakimi, apakah ada sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk memulihkan hati Anda yang terluka karena perbuatan orang lain tersebut.

2.Menenangkan Diri

Kemarahann yang muncul, membuat Anda menjadi lebih emosional. Oleh karena itu untuk dapat memaafkan kesalahan orang lain, Anda perlu menenangkan diri. Banyak cara yang dapat dilaukan untuk dapat menenangkan diri, seperti menulis jurnal, berdoa, meditasi maupun bercerita terhadap orang lain.

Namun jika Anda memutuskan untuk bercerita kepada orang lain, pastikan mereka dapat memberikan opini yang netral dan tidak membangkitkan amarah Anda. Berceritalah kepada mereka yang bijak.

3.Meditasi

Meditasi merupakan latihan relaksasi yang berfokus pada pelepasan pikiran dari segala macam hal. Meditasi dapa dilakukan di mana pun dan kapan pun dengan posisi duduk tenang sambil mengatur pernapasan selama 5-15 menit.

Dengan meditasi, seseoragn mampu untuk meningkatkan kemampuan untuk mengatur emosi dan menjadi pribadi yang lebih baik. Meditasi dapat menjauhkan seseorang dari rasa iri dan dengki serta dapat membuat seseorang menjadi lebih pemaaf dan peduli terhadap orang lain. Selain itu meditasi dapat menghasilkan energy positif berupa rasa bahagia.

Sumber: https://www.pramborsfm.com/lifestyle/manfaat-memaafkan-bagi-kesehatan-fisik-dan-mental-bagian-1, https://www.aswata.co.id/id/berita/info-tips/626-mau-hidup-tenang-ini-6-manfaat-saling-memaafkan-bagi-kesehatan-tubuh, https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3635300/manfaat-memaafkan-bagi-kesehatan, https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-memaafkan-usir-stres-dan-sehatkan-jantung, https://lifestyle.bisnis.com/read/20181205/219/866417/memaafkan-orang-lain-bikin-hidup-lebih-bahagia, https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-memaafkan-orang-lain-saat-idulfitri dan https://www.guesehat.com/meditasi-untuk-kontrol-pikiran-dan-hidup-lebih-berkualitas

Share on :