5 makanan mengandung Serotonin ini bisa bangkitkan Mood Anda


Apakah Anda sering merasakan mood atau suasana hati yang naik turun secara tiba-tiba? Bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh makanan yang Anda konsumsi. Dengan memilih makanan yang salah maka dapat menurunkan mood Anda. Kemudian bagaimana agar mood Anda selalu bagus? Sebaiknya pilih makanan yang mengandung serotonin. Mengapa harus mengandung serotonin? Dan apa saja makanan yang mengandung serotonin itu? Yuk simak penjelasan lebih lanjut pada artikel berikut ini.

Apa itu serotonin?

Serotonin adalah zat kimia di otak yang bertugas sebagai pembawa pesan antarsel saraf otak. Dilansir dalam laman Healthline, serotonin ini diyakini juga dapat membuat mood lebih baik dan menjaganya sepanjang hari. Pasalnya, kadar serotonin yang tinggi dapat membuat suasana hati senang dan bahagia. Maka itu, serotonin juga dikenal sebagai zat pengatur emosi dan juga daya ingat.

Meski memang sebenarnya serotonin tidak bisa Anda dapatkan seutuhnya dari makanan, tapi ada banyak makanan yang mengandung zat tertentu dan apat meningkatkan serotonin otak. Jadi, zat asam amino triptofan yang ada di dalam makanan merupakan bahan dasar dari hormon serotonin di dalam tubuh. Asam amino triptofan adalah asam amino esensial, yakni asam amino yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh, sehingga asam amino ini diperlukan dari asupan.

Seberapa banyak jumlah triptofan yang dibutuhkan untuk meningkatkan serotonin belum diketahui dengan pasti. Jika terjadi penurunan kadar asam amino triptofan dalam tubuh, maka jumlah kadar serotonin ikut terpengaruhi. Kondisi ini membuat timbulnya gangguan mood seperti depresi atau kecemasan lebih mudah terjadi.

Bagaimana makanan dapat mempengaruhi kadar serotonin?

Makanan yang tinggi triptofan tidak akan bekerja sendiri untuk meningkatkan serotonin. Dibutuhkan karbohidrat yang bisa membantu pembentukan serotonin.

Kehadiran karbohidrat yang sudah berbentuk gula sederhana dalam aliran darah membuat tubuh melepaskan lebih banyak insulin. Insulin ini yang mendorong penyerapan asam amino, dan meninggalkan triptofan dalam darah. Triptofan dalam darah ini yang selanjutnya akan diserap oleh otak. Dan digunakan untuk pembentukan serotonin.

Berbagai makanan yang mengandung serotonin ( asam amino triptofan )

Selain terdapat pada daging dan ikan, makanan yang tinggi triptofan antara lain sebagai berikut

1. Bayam

Triptofan memang banyak terdapat di pangan sumber protein. Namun nutrisi ini juga bisa ditemukan pada sayuran hijau termasuk bayam. Penelitian menunjukkan bayam merupakan sumber triptofan yang baik dan jadi makanan otak yang mendukung tidur dan suasana hati. Bayam pun juga mengandung antioksidan dan vitamin K yang baik untuk melawan peradangan atau inflamasi.

2. Telur

Protein pada telur secara signifikan bisa meningkatkan kadar triptofan dalam plasma darah. Hal tersebut juga sama dengan kuning telurnya. Kuning telur juga kaya kaan triptofan, tirosin, kolin, biotin, dan asam lemak omega-3, dan nutrisi lainnya.

3. Kacang dan biji-bijian

Semua kacang dan biji mengandung triptofan. Segenggam penuh kacang sehari dapat menurunkan risiko mengalami kanker, dan penyakit jantung. Kacang dan biji-bijian lainnya juga mengandung kadar triptofan. Biji bunga matahari, biji labu, kacang mete, kacang almond rata-rata mengandung lebih dari 50 mg triptofan sebanyak ¼ cangkir. Selain itu, kacang juga mengandung serat, vitamin dan antioksidan.

4. Pisang

Pisang membantu mengatasi gangguan emosional. Pisang mengandung asam amino esensial triptofan yang dibutuhkan dalam produksi serotonin. Serotonin merupakan neurotransmitter di otak yang menimbulkan perasaan senang. Serotonin membuat tubuh menjadi relax dan meningkatkan mood serta perasaan senang. Hal ini secara tidak langsung  menunjukan pisang membantu meningkatkan sintesis serotonin, dengan demikian membantu mengatasi depresi.

5. Susu

Tak hanya sanggup menyediakan triptofan, susu juga merupakan sumber kalsium yang baik. Kalsium ini dapat membantu membangun tulang dan gigi yang sehat. Memilih pilihan rendah lemak bisa lebih menyehatkan daripada susu penuh lemak, terutama bagi orang-orang yang memperhatikan asupan lemak jenuh mereka.

Sumber : https://hellosehat.com/mental/gangguan-mood/6-makanan-yang-mengandung-serotonin/, https://medianesia.id/kenali-5-makanan-tinggi-triptofan-untuk-tidur-lebih-nyenyak/, https://akg.fkm.ui.ac.id/pisang-si-buah-favorit/, dan http://ners.unair.ac.id/site/index.php/news-fkp-unair/30-lihat/1194-makanan-mood-booster-penambah-semangat.

Share on :