5 Kebiasaan yang Membuat Insecure


Apakah Anda merasa cemas, ragu dan kurang percaya dengan diri Anda sendiri? Perasaan tersebut adalah hal yang wajar. Namun jika Anda terus-menerus merasa cemas, ragu dan kurang percaya diri terhadap diri sendiri bisa saja itu tanda insecure. Lalu apa penyebab Anda merasa insecure? Kemudian bagaimana cara mengatasi insecure?

Apa saja Penyebab Insecure?

Berikut ini merupakan penyebab kebiasaan yang membuat Anda insecure, yaitu:

1.Fokus dengan hal-hal negative

Anda cenderung focus pada orang lain dan berbicara hal-hal negative tentang mereka. Jika seseorang yang insecure seperti tidak menyukai aspek tertentu tentang diri mereka sendiri, maka mereka mencoba untuk memahaminya dengan berbicara buruk tentang orang lain di sekitar mereka. Sifat negative ini dapat merugikan orang-orang yang sedang bersama mereka.

2.Merasa Cemas dengan Kondisi Sosial

Seseorang yang merasa insecure, biasanya akan menghindari situasi sosial karena merasa tidak nyaman. Perasaan cemas ini dapat dipengaruhi oleh pengalaman bullying atau merasa tertindas di masa lalu atau bahkan karena orang tua yang terlalu sering mengkritik, menghakimi hingga menuntut. Dengan begitu mereka yang insecure akan merasa rendah diri.

3.Tidak menyukai orang lain yang Percaya Diri

Seorang yang insecure akan selalu judge orang lain. Ketika melihat orang lain percaya diri Anda aka merasa terganggu. Anda seolah olah tidak dapat melihat orang lain senang. Seolah Anda membuat tembok disekeliling yang membedakan Anda denan orang lain. Anda seolah iri karena orang-orang sapat menghadapi rasa insecure mereka dan menjadikan kelebihan, sehingga Anda kerap merasa jengkel.

4.Mengabaikan Self-love

Satu hal penting yang membuat Anda merasa insecure karena Anda mengabaikan Self-love. Seseoran yang insecure akan sering mengikuti trend dan mengikuti orang-orang disekililing dibandingkan melakukan hal yang disukainya. Dengan self-love bukan membuat mu menjadi egois dan terlalu percaya diri, namun dengan self-love mengutamakan diri Anda sendiri agar dapat hidup lebih bahagia dan bersyukur.

5.Sering membandingkan diri dengan orang lain

Sering membanding bandingkan diri sendiri dengan orang lain akan hanya merusak kebahagian kita. Dengan membandingkan diri dengan orang lain, Anda akan menjadi merasa tidak puas dngan apa yang Anda miliki. Anda akan merasa tersaingi dan tidak ingin kalah dengan orang lain.

Bagaimana mengatasi Insecure?

Mulai terbuka dalam Bersosialisasi

Insecure membuat Anda menutup diri dari lingkungan pertemanan, sebaiknya kembali bersosialisasi dengan teman-teman lama dan juga mencoba untuk membuka pertemanan baru. Sesungguhnya, rasa insecure tidak akan tumbuh ketika kita dikelilingi oleh orang-otang atau pun lingkungan yang suportif antara satu sama lain. Bersosialisasi dan menjadi pribadi yang tebuka melatih kita menjadi percaya diri.

Mengkonsumsi makanan sehat

Mengkonsusmsi makanan yang tepat juga dapat menjaga kesehatan mental Anda. Ketika Anda terus menurus merasa insecure, maka cobalah Anda memperbaiki pola makan Anda. Sebagai contoh konsumsi the hijau karena mengandung zat-zat baik seperti L-theanine dan epigallocatechin gallate (EGGG) yang dapat memberikan efek positif pada otak sehingga mengurangi ras cemas, insecure.

Meditasi

Meditasi mendorong kita merefleksikan diri yang lebih dalam serta memancarkan energy positif. Menurut Brian Wind, PhD, Kepala Petugas Klinis di JourneyPure bahwa meditasi membantu meningkatkan kesadaran diri dengan meningatkan kemampuasn untuk memasuki alam pemikiran, yang pada akhirnya meningkatkan kepercayaan diri. Menurut penelitian di Universitas Standord, relaksasi dapat membantu mereka yang mengalami kecemasan sosial. Dalam studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam Journal of Cognitive Psychotherapy, melaporkan penurunan kecemasan dan peningkatkan kepercayaan diri selelah menyelesaikan program.

Sumber: https://www.facetofeet.com/lifestyle/14518/3/5-hal-ini-jadi-penyebab-kamu-mudah-insecure, https://www.hipwee.com/list/ubah-rasa-insecure-mu-menjadi-rasa-bersyukur-di-tahun-2020/, https://www.orami.co.id/magazine/meditasi/ dan https://kumparan.com/kumparanfood/santai-sejenak-7-makanan-sehat-yang-bisa-mengurangi-rasa-insecure-1uGPgxghwAj.

Share on :