4 Circuit Kebahagiaan yang tidak tergantung dengan apapun diluar diri


Pada acara Temu Hati Sehat Jiwa Sehat Raga yang dilaksanakan di Yogyakarta tanggal 15 Februari 2018 silam, Guruji Anand Krishna mengingatkan kepada kita semua mengenai 4 Circuit Kebahagiaan yang tidak tergantung pada hal-hal yang ada di luar Diri termasuk keluarga kita.

Beliau menyampaikan penelitian Neuro Science oleh Scientist Richard Davidson yang didalamnya membahas ada Jaringan Utama di otak kita. Dahulu, kita hanya dapat melihat berupa foto, namun sekarang kita bisa melihat real time kegiatan otak seperti apa yang berdenyut 200 kali per menit. Ada sebuah Research and Development tentang adanya 4 circuits for wellbeing, yaitu 4 hal yang membuat kita bahagia:

1. Pandangan Positif

Pandangan Positif berbeda dengan Berpikir (maunya) Positif saja. Seperti halnya agar positif debu disembunyikan dibawah karpet. Pandangan Positif adalah memandang positif terhadap segala hal. Bahkan orang yang sedang depresi pun memiliki circuit ini. Sifat dasar bawaan ini muncul kalau kita sering latihan meditasi.

2. Bangkit lagi setelah jatuh

Anak-anak kecil yang berlatih berjalan selalu jatuh dan kemudian bangkit lagi. Ada sifat dasar bawaan kita setelah jatuh kita bisa bangkit lagi dan darinya muncul kebahagiaan. Pada dasarnya kita adalah tangguh. Sirkuit tersebut sudah ada dan dengan meditasi bisa aktif lagi.

3. Fokus

Ternyata orang yang bahagia itu fokus pada kehidupannya. Fokus berbeda dengan konsentrasi. Pada waktu kita belajar nyetir mobil kita konsentrasi bahkan tidak mau diajak bicara. Pada waktu kita sudah mahir mengendarai mobil kita bisa fokus menyetir dan bisa memperhatikan sekitar bahkan ngobrol dengan teman yang berada di mobil. Menurut penelitian hampir 50% orang tidak fokus pada kehidupannya.

4. Generous, Murah Hati, Dermawan

Kita bahagia setelah bisa membantu seseorang. Seorang dermawan mengaktifkan circuit otak yang merupakan kunci kebahagiaan. Manusia datang ke dunia dengan kebaikan dasar bawaan tersebut. Guruji Anand Krishna menyarankan mungkin dimulai dengan dermawan, murah hati. Dan seorang yang bahagia tubuh dan pikirannya menjadi lebih sehat.

Share on :