10 Cara Terbaik Mengatasi Insomnia


Ternyata di Indonesia banyak orang yang tidak bisa tidur atau sulit tidur yang sering disebut dengan insomnia. Hal ini disebabkan oleh berbagai macam hal, Anda bisa membaca artikel kita sebelumnya disini. Kali ini Guruji Anand Krishna menyebutkan beberapa tips untuk mengatasi Insomnia, cek samapai tips terakhir ya:

1. Tidur merupakan akibat

merupakan konsekuensi dari sesuatu yang lain. Dan sesuatu yang lain tersebut adalah susah hidup. Bila seseorang hidupnya tidak susah,  maka tidurnya pun tidak akan susah. Jadi, kalau kita mengobati susah tidurnya saja, tanpa memperhatikan mengapa dia susah hidup, maka tidak akan berhasil. Kalau pun berhasil mungkin dengan pil, obat, atau intervensi dari yang lain, seperti sleep spa. Atau bahkan dengan hypnosis. Dan pada akhirnya ia akan bergantung dengan pil, obat, atau intervensi lain tersebut.

Dan segala sesuatu yang membuat ketergantungan itu akan menjadi beban tersendiri, masalah baru tersendiri. Apapun yang menciptakan ketergantungan tidak bermanfaat bagi kita.

2.  Jadi, kita harus selesaikan dulu persoalan-persoalan keseharian hidup kita

Sehingga kita bisa menjalani keseharian kita dengan baik maka susah tidur tidak akan muncul. Persoalan akan selalu ada. Tidak perlu menghindari masalah. Kita harus menghadapinya dengan menyelesaikannya secara on daily basis.jangan sampai dibawa tidur

3. Monkey mind

Maksudnya adalah sebenarnya mind kita tidak bisa hanya berhenti di penderitaan saja. Pasti akan loncat-loncat seperti monyet. Dalam hal ini adalah sebuah keberuntungan. Mind tidak akan berpikir tentang duka terus menerus. Oleh karena itu, bagaimana kita bisa memberikan banana kepada monkey mind itu untuk mengalihkannya. Begitu dia mendapat pisang maka dia akan bahagia. Banana di sini  adalah menyelesaikan persoalan tersebut meskipun sementara.

4. Screen atau layar

Alat elektronik seperti laptop atau HP membuat kita menjadi bungkuk, maka kita seharusnya kembali pada screen atau monitor TV yang letaknya selalu lebih jauh dari tubuh kita. Atau tidak terlalu lama di depan layar laptop atau HP. Sikap bungkuk ini menyebabkan energy flow kita menjadi tidak lancar.

5. Pengaruh cahaya

Mata kita pada dasarnya tidak dilengkapi dengan perangkat untuk melihat sumber cahaya. Cahaya yang terdapat dalam alat elektronik sangat berbahaya bagi mata kita. Selain itu, yang lebih berbahaya adalah bila kita melihat sumber cahaya maka akan mengaktifkan brain kita dan meninggalkan impression bahwa kita masih di pagi hari, sehingga otak tidak akan bisa membedakan antara pagi atau malam hari.

6. Mengatur pikiran

Pada akhirnya kita harus mengatur pikiran kita. Setelah pulang dari kantor sebaiknya tidak membahas persoalan kantor lagi. Kita bisa mengobrol ringan dan bercanda beberapa saat tentang berbagai hal seperti tentang banyak kisah kisah dalam buku-buku Guruji Anand Krishna. Hal ini akan membuat pikiran patuh tau kapan kita mesti berpikir untuk pekerjaan atau menjalin hubungan dengan keluarga dengan landasan Kasih.

7. Jangan di- pending atau ditunda

Untuk penyelesaian jangka panjang susah tidur ini seperti yang Kabir katakan yaitu apa yang ingin kamu lakukan besok, lakukan hari ini, apa yang ingin kamu lakukan hari ini lakukan sekarang.    

8. Humming

Untuk jangka pendeknya bila orang susah tidur maka lakukan humming. Dengan cara menarik napas panjang mengisi perut dengan udara segar sambil mengembungkan perut, kemudian menghembuskan napas sambil mengempiskan perut, sekaligus sambil mengucapkan hmmmmmm. Lakukan beberapa menit dua kali sehari, pagi dan sore.

9. Hal  yang tidak kalah penting

Adalah mematikan hp atau notifikasi WA. Hal ini untuk membuat mind tidak gelisah sehingga akan memudahkan kita untuk tidur .

10. Minum susu hangat

Dengan mengkonsumsi susu yang hangat tanpa gula putih akan membuat tubuh menjadi rileks.

Sumber : Youtube Guruji Anand Krishna

Share on :